Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui (1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs Negeri 2 Labuhanbatu, (2) bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran dan (3) bagaimana proses dan kesalahan jawaban siswa terhadap tes kemampuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes dan non-tes dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis bahwa  sehingga  ditolak dan  diterima. Respon siswa dalam model pembelajaran terhadap kemampuan ada sebanyak 15 siswa (50,0%) menyatakan sangat setuju bahwa siswa memahami materi dalam pembelajaran matematika, sedangkan 10 siswa (33,3%) menyatakan setuju, 2 siswa (6,7%) menyatakan tidak setuju dan 3 siswa (10,0%) menyatakan sangat tidak setuju. Proses dan kesalahan jawaban siswa pada tes kemampuan diketahui terdapat 1 siswa atau 3,3% memiliki jawaban sampai selesai tetapi hasilnya sama sekali salah, terdapat 2 siswa atau 6,7% memiliki jawaban sampai selesai tetapi hasilnya ada yang salah karena kekeliruan dalam proses perhitungan, terdapat 11 siswa atau 36,7% jawaban sampai selesai tetapi hasilnya ada yang salah karena kekeliruan dalam perhitungan, sedangkan siswa yang memberikan jawaban secara tepat dan benar sebanyak 16 siswa atau 53,3 %.

Article Details

How to Cite
Rangkuti, R. K. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 81-88. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/2596

References

  1. Huda, Fathul. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” 3(2).
  2. Kurniawan Rangkuti, Rizki, Marwan Ramli, and Mulkan Iskandar Nasution. 2019. “PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE-STAD TERINTEGRASI ICT.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI 3(1):64–69.
  3. Lubis, SD & Rangkuti, RK. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan ….” 01(01):67–74.
  4. Lubis, Sri Delina, and Rizki Kurniawan Rangkuti. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Di Kelas VIII SMP Negeri 32 Medan.” 01(01):75–86.
  5. PISA. 2015. “Principles and Standars for School Mathematics.” Retrieved (https://pisa2015-maths.oecd.org/).
  6. Rangkuti, Rizki Kurniawan. 2020. “Analisis Proses Dan Kesalahan Jawaban Siswa Pada Kemampuan Metakognisi Matematis.” 01(01):47–53.
  7. Rangkuti, Rizki Kurniawan, Tuti Ariani Nasution, and Rahmat Taufik Rangkuti. 2021. “PENGEMBANGAN PENDEKATAN SAINTIFIK K-13 BERBASIS MEDIA AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL ( HOTS ).” 8(1):244–55.
  8. Rangkuti, Rizki Kurniawan, Wahyu Azhar Ritonga, and Sangkot Idris Ritonga. 2020a. “Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Al-Khawarizmi 1(1):15–21.
  9. Rangkuti, Rizki Kurniawan, Wahyu Azhar Ritonga, and Sangkot Idris Ritonga. 2020b. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Media Autograph.” Jurnal Pendidikan Matematika Al-Khawarizmi 01(01):7–14.
  10. Sri, Raden, Ayu Ramadhana, Muhammad Fauzi, Romadhon Marpaung, and Rizki Kurniawan Rangkuti. 2020. “Penerapan Strategi Pembelajaran Genius Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Ajar Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.” 01(02):6–11.
  11. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.