Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik materi sistem persamaan linear tiga variabel berbasis pendekatan saintifik dan mengetahui kualitasnya berdasarkan validitas, efektivitas dan kepraktisan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian lembar kerja peserta didik, lembar observasi keaktifan peserta didik dan seperangkat pretes-postes hasil belajar matematika. Penilaian dari empat validator diperoleh bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dinilai dengan kategori sangat layak. Berdasarkan nilai pretes dan postes disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar dilihat dari skor N-Gain sebesar 0,51 termasuk ke dalam kategori sedang. Sementara itu, berdasarkan hasil analisis proses pembelajaran termasuk pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 87,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik materi sistem persamaan linear tiga variabel berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah berkualitas baik berdasarkan validitas, efektivitas dan kepraktisan.

Keywords

Hasil Belajar Matematika, Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Saintifik, Proses Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Ibrahim, I. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 62-71. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/2743

References

  1. Akma, T., & Suparman. (2018). The design of student worksheet problem based learning to improve problem solving ability of the eighth-grade students junior high school in Indonesia. International Journal of Engineering &, 7(4), 11-15.
  2. Anggraini, N., & Zulfah. (2020). Pengembangan lkpd berbasis open-ended kelas XI SMA pada tahapan pleminary research. MATHEMA JOURNAL: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 23-33. doi:https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.729
  3. Ariska, A., & Rahman, A. A. (2020). Analisis letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis newman di kelas X SMA. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1-9.
  4. Cardo, A. P., Utama, G. D., Napisah, D., Lede, M., Wungo, D. D., & Ambarawat, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam mempelajari sistem persamaan linear tiga variabel. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27-42. doi:https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.311
  5. Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan lkpd materi pola bilangan berbasis etnomatematika sasirangan di kelas VIII sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika , 8(1), 29-38. doi:http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8343
  6. Fazri, Z. (2018). Bahan ajar tematik dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Jurnal Pedagogik, 5(1), 100-108. doi:https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.226
  7. Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
  8. Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(64).
  9. Ibrahim. (2011). Peningkatan kemampuan komunikasi, penalaran, dan pemecahan masalah matematis serta kecerdasan emosional melalui pembelajaran berbasis-masalah pada siswa sekolah menengah atas. Disertasi, Tidak Dipublikasikan, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesi. Retrieved from http://repository.upi.edu/id/eprint/8389
  10. Kemdikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 tahun 2018 ini berisi tentang perubahan atas peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  11. Lamote, H. (2017). Kesulitan-kesulitan guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah DDI Labibia. Jurnal Al-Ta’dib, 10(1), 55-72. doi:http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v10i1.552
  12. Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom llantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan, 2(2), 170-177. doi:10.24036/jep/vol2-iss2/245
  13. Magdalena, M., Zagoto, & Dakhi, O. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika peminatan berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI sekolah menengah atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/884
  14. Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
  15. Novelia, R., Rahimah, D., & Fachruddin, M. S. (2017). Penerapan model mastery learning berbantuan LKPD untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di kelas viii.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 20-25. doi:https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.20-25
  16. Plomp, T. (November 23-26, 2007). Educational design research: an introduction . In T. Plomp, & N. Nieveen (Ed.), Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University (pp. 9-36). Shanghai (PR China): Netherlands Institute for Curriculum Development.
  17. Roslina, & Mahdi, M. (2015). Kemampuan menguasai materi sistem persamaan linear tiga variabel siswa SMA Negeri 14 Iskandar Muda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Integritas, 1(2), 43-52.
  18. Siasa, A. S., Salam, M., & Suhar. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X MA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 1-14. doi:http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7333
  19. Sigit, J., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Analisis kompetensi strategis matematis siswa pada sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV) Kelas X SMK Negeri 3 Singkawang. Jurnal Variabel, 1(2). doi:https://dx.doi.org/10.26737/var.v1i2.811
  20. Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Pengembangan Soal untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa. Jurnal Gantang, 5(2), 143-150.
  21. Thiagarajan. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children a sourcebook. Indiana: University Bloomington.
  22. Utami, R. D., & Harta, I. (2017). Analisis tingkat kesulitan soal pemecahan masalah dalam buku siswa pelajaran matematika SMP kelas IX kurikulum 2013. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika, (pp. 1-12). Surakarta. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/8819
  23. Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon. (2017). Pengembangan perangkat pembelajara matematika berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 258-274. doi:http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
  24. Zakiamani, A., Zulkarnain, & Maimunah. (2020). Validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran matematika: studi pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. Journal for Research in Mathematics Learning, 3(3), 211-223. doi:http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10285

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'