PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBANTUAN MICROSOFT MATHEMATICS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA
Abstract
Abstrak
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu hal mendasar yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki cara memahami konsep matematis yang berbeda, salah satu hal yang menyebabkan perbedaan adalah tipe kepribadian siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM berbantuan Microsoft Mathematcis terhadap pemahaman kosep matematis yang ditinjau dari tipe kepribadian siswa.Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design, dengan desain penelitian Posttest-Only Control. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2020/2021 yang berdistribusi 5 kelas dan 2 kelas terpilih sebagai sample melalui teknik Acak Kelas. Pengambilan data menggunakan instrumen angket dan soal posttest.Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel taksama, dengan taraf signifikansi 5% dari hasil analisis hipotesis pertama nilai signifikansi = 0,00 < 0,05 sehingga H0A ditolak, hipotesis kedua nilai signifikansi = 0,24 > 0,05 sehingga H0B diterima, hipotesis ketiga nilai signifikansi = 0,28 > 0,05 sehingga H0C diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pendekatan STEM berbantuan Microsoft Mathematics terhadap pemahaman konsep matematis, (2) tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian terhadap pemahaman konsep matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan STEM berbantuan Microsoft Mathematics dengan tipe kepribadian terhadap pemahaman konsep matematis.
Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematis, STEM, Tipe Kepribadian
References
Agustina, R., I Sujadi, and Pangadi. “Proses Berpikir Siswa Sma Dalam Penyelesaian Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus.†Jurnal Pembelajaran Matematika 1, no. 4 (2013): 370–79.
Dian Mayasari, Dwi Priyo Utomo, Yus Mochammad Cholily. “Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Hipocrates.†Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika 3, no. Malang (2019): 18–23.
Farida. “Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis VCD.†Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2015): 25–32.
I Gusti Agung Wisnu Wibowo, “Peningkatan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Pendekatan STEM Dan E-Learning,†Journal of Education Action Research 2, no. 4 (2018): 315, https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16321.
OECD. “Country Note – Results from PISA 2015: Indonesia.†Oecd, 2016, 1–8. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf.
———. PISA 2018 Insights and Interpretations. OECD Publishing, 2019. https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf.
Rina Oktaviyanthi, Yani Supriani. “Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Microsoft Mathematics.†Jurnal AdMathEdu 4, no. 2 (2017): 1–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Sudirman, Satrio. “Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Satrio.†Al-Jabar :Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 1 (2016): 275–82. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666.
Sumarni, Woro, Nanik Wijayati, and Sri Supanti. “Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan STEM.†Jurnal Pembelajaran Kimia 4, no. 1 (2019): 18–30.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)