Main Article Content

Abstract

Salah satu materi yang dipelajari di sekolah menengah pertama adalah materi bangun ruang sisi lengkung yang membutuhkan pendekatan pembelajaran yang sesuai agar konsep yang dipelajari dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Penguasaan konsep yang dimiliki oleh siswa dalam menyelesaikan soal penerapan bangun ruang tabung belum sepenuhnya dikuasai oleh siswa. Siswa hanya menghafal rumus luas dan volume tabung sehingga pemahaman siswa tentang konsep materi bangun ruang tabung masih belum menunjukkan hasil yang baik. Penelitian ini bertujuan menerapkan pendekatan PMRI dalam menemukan konsep luas permukaan dan volume tabung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan siswa SMP yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara dan hasil pengerjaan LKPD. Data yang dikumpulan kemudian di analisis terhadap penerapan pendekatan PMRI. Pembelajaran dalam peneitian ini terdiri dari empat aktivitas, yaitu menemukan unsur tabung dengan melapisi kaleng menggunakan kertas untuk menemukan kosep luas permukaan tabung, menemukan konsep luas permukaan tabung tanpa tutup, menemukan konsep volume tabung dengan potongan lilin, dan menyelesaikan masalah kontekstual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang telah dirancang dapat membantu siswa dalam memahami konsep luas permukaan dan volume tabung dengan menggunakan media yang ada di sekitar kita sehingga terjadi pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.

Keywords

Luas Permukaan Tabung, Volume Tabung, Pendidikan Matematika Realistik

Article Details

How to Cite
Hamidah, D., Fadhilla, N. R., Maula, N. R., & Taufiqurrahman, M. A. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN PMR DALAM MENEMUKAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME TABUNG PADA SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(2), 179-188. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i2.3305

References

  1. Arifin, Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6, 1-13.
  2. Nursyahidah, F., Saputra, B.S., & Albab, I.R. (2021). Desain Pembelajaran Berkonteks Tradisi Megono Gunungan. Elemen, 14-27.
  3. Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal IPTEKS Terapan, 10, 95-102.
  4. Lado, H., Muhsetyo, G., & Sisworo. (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok Untuk Memahamkan Konsep Barisan Dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3.
  5. Mu'tashimah, A., Putri, A. D., & Ramury, F. (2020). Lilin sebagai Konteks Materi Tabung pada LKPD Berbasis PMRI. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6, 83-98.
  6. Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab Kesulitan Belajar Geometri Dimensi Tiga . Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 18-29.
  7. Nuraida, I. (2017). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), 1, 25-30.
  8. Rohati. (2012). Pembelajaran MAteri BAngun Ruang Sisi Lengkung Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP. Edumatica, 58-63.
  9. Soedjadi, R. (1994). Memantapkan Matematika Sekolah sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. Media Pendidikan Nasional 3(4).
  10. Trisnawati, D., Putri, R.I.I., & Santoso, B. (2015). Desain Pebelajaran Materi Luas Permukaan Prisma Menggunakan Pendekatan PMRI bagi Siswa Kelas VIII. Kreano 6 (1), 76-85.
  11. Widari, 1. G., Putra, I. G., & Suwija, I. K. (2013). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IVa SDN 9 Sesetan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3, 189-212.
  12. Widyaningsih, I. (2016). Penerapanpendekatan PMRI Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Ruang Sisi Datar (Limas) Siswa Kelas VIII SMP Budi Mulia Minggir Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.