Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi

  • M. Imamuddin
Keywords: Model PMKIL, Konteks Islami, Nilai-nilai Islami, Literasi matemtika, Madrasah/Sekolah Islam

Abstract

Pendekatan Pembelajaran CTL merupakan pembelajaran yang menyajikan konteks/masalah sehari-haris siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian ini memotivasi siswa untuk belajar sehingga mampu meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penggunaan konteks dalam pembalajaran di sekolah juga harus mampu menunjang tercapainya dari visi-misi sekolah/madarasah. Bagi siswa madrasah/sekolah Islam/sekolah yang mempunyai visi-misi Islami maka pembelajaran CTL yang dilaksanakan harus menggunakan konteks Islami dalam pembelajaran. Selain itu, pembelajaran CTL yang dilaksakan oleh madrasah/sekolah harus mampu meningkatkan kemampuan lietarasi matemtika siswa. Untuk itu, perlu dan sangat penting dirancang suatu model pembelajaran yang mampu menyajikan kontek-kontek Islami dan meningkatkan kemampuan letarasi matematika siswa. Konteks-konteks Islami ini dalam pembelajaran digunakan sebagai starting point. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang suatu model pembelajaran matematika dengan menggunakan kontekstual Islami sebagai starting point dan berbasis literasi. Penelitian ini termasuk pada penelitian studi pustaka. Pengumpulan data/informasi dikumpulkan dari berbagai referensi baik yang berupa buku ataupun artikel (offline/online). Informasi atau data oleh peneliti dikutip, dianalisis dan selanjutnya dideskripsikan sehingga berbentuk laporan penelitian yang baik. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh rancangan model pembelajaran matematika kontekstual Islami berbasis literasi (Model PMKIL). Model PMKIL ini, memiliki langkah-langkah dalam pelaksanaannya (sintak). Sintak pembelajaran pada Model PMKIL sebagai berikut: Orentasi (Orientation), Pemberian Masalah Dalam Konteks Islami (Giving Islamic Context Problems), Aktivitas Literasi Matematika (Mathematical Literacy Aktivities), Belajar dalam kelompok (Study in Groups), Diskusi Kelas (Classroom Discussion), Refleksi (Reflection), dan Evaluasi dan menutup pelajaran (Evaluation and close). Model PMKIL ini mampu menunjang dan memperkuat nilai-nilai Islami pada diri siswa.

References

Abdussakir (2018). Literasi Matematis dan Upaya Pengembangannya dalam Pembelajaran di Kelas. Makalah disampaikan dalam Seminar Pendidikan Matematika “Menanamkan Pendidikan Karakter (Akhlaqul Karimah) dan Kesadaran Literasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika” oleh Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumenep, 3 Maret 2018
Abdussakir, (2009). Ummat Islam Perlu Menguasai Matematika. Makalah disampaikan pada Konferensi dan Seminar Nasional Matematika Islam I oleh Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram pada tanggal 10-11 Agustus 2009
Amin, A. R. (2012). Penelitian Kepustakaan. https//www.banjirembun.com/2012/04/penelitian-kepustakaan.html
Bell, F.H., (1978). Teaching and Learning Mathematics in Secondary School. New York: Win C Brown Company Publisher.
BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.
Budiono & Wardono (2014). PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3), 210-219
CORD (1999). Teaching Mathematics Contextually. Waco: CORD
De Lang, J. (2007). Mathematics for Literacy, dalam Quantitative Literacy, Why Numeracy Matters for schools and Colleges, Proceding of the National Foum on Quantitative Literacy. Washington D.C.: National Academy of Sciences.
Evelyn, W. E. (2017). Pendidikan Literasi Bandung: Nuansa Cendekia.
Freudenthal, H. (1991). Mathematics As an Educational Task. The Netherlands, Dordrecht: Reidel
Guba & Lincoln, (1981). Effective Evalution. San Fransisco: Jossey Bass Publisher
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hendrikus, D. W. (1991). Retorika Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta: Kanisius.
Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2008). Theories of Learning, Edisi Ketujuh. (Penerjemah Tri-Wibowo B.S). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2022). PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN PELAPORAN PENILAIAN AUTENTIK OLEH GURU MATEMATIKA MADRASAH. KARIWARI SMART: Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(1), 65-75.
Imamuddin, M., & Sepriyanti, N. (2022). Exploring Madrasah Students Mathematics Literacy Ability. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(4).
Imamuddin, M., Isnaniah, I., Putra, A., & Rahmadila, R. (2019). Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual Di SMPN 1 Banuhampu. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 11-22.
Imamuddin, M., Isnaniah, I., Zulmuqim, Z., Nurdin, S., & Andryadi, A. (2020). Integrasi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Islam (Menggagas Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah). AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 117-130.
Isnaniah, & Imamuddin, M. (2020). Students' Understanding of Mathematical Concepts Using Manipulative Learning Media in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 2020, 1471(1), 12050
Isnaniah, I. (2018). KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN BERDASARKAN GENDER. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 1(2), 13-23.
Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131-137.
Johnson, E. B. (2007). Contextual Teaching and Learning, What it is and Why its Here to Stay. Bandung: Mizan Learning Center.
Kadir, K., & Masi, L. (2013). Penggunaan Konteks dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP. In Proceeding KNPM V Malang, 786–796
Kamisa, (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Knowles, M., & Cole, E. (1994). The Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. Cambridge: Englewood Cliffs.
Kusumah, Y. S. (2011). Literasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Pengembangan Pembelajaran MIPA Berorientasi Soft Skill. Universitas Bandar Lampung, 26 November 2011. PMIPA FKIP Universitas Lampung (U-1)
M Imamuddin, M. I. (2013). Keterampilan Kooperatif Siswa dalam Pembelajaran Kooeratif tipe STAD. Islam & Realitas Sosial, 6(1), 93-115.
Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Parhan, M. (2004). Contextual Teaching and Learning Model: Its Application In Teaching Prayer Values In Islamic Education, International Journal of Education & Management Studies, 4 (4), 263-270
Mujis, D., & Reynolds, D. (2008). Effevtive Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Naquib, M. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Ningsih, W. (2020). Merdeka Belajar Melalui Empat Pokok Kebijakan Baru di Bidang Pendidikan. Suaraguruonline.com. 11 Desember 2019. Diakses tgl 5 Januari 2020
Nurdin, S. & Adriantoni, (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
OECD 2013. (2012). Assessmen and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing
OECD. (2013). Creative Problem Solving: Students’ Skill in Tackling Real-Life Problems (Volume V), PISA, OECD Publishing.
Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able to Put The Mathematics We Learn into Everyday Use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 90.
Rizqon H.S.A, (2014). Khazanah Sains dan Matematika dalam Islam. UIN Jakarta. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/downloadSuppFile/1534/109.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif (Research Approach). Deepublish
Sari, D. A. et al.(2018). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Kubus Dengan Konteks Tahu di Kelas VIII. JDC,. 2(2), 110
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, UNY 2015, 718
Sari, R. H. Y. (2017). Apakah Integrasi Islam dapat Membudayakan Literasi Matematika?, Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017
Shihab, Muhammad Quraish, (1993). Membumikan Al-Qur’ān : Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung : Mizan
Solehudin, (2018). Keefektifan Program Literasi Alquran Di Sekolah-Sekolah Swasta Non-Agama Dalam Kerangka Penguatan Karakter (Kajian Di Jawa Barat). Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur‟an dan Tafsir 3(2), 168-188
Stacey, K dan Turner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy, The PISA Experience. Australia: Springer.
Suharso & Retnoningsih, A. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang : CV. Widya Karya.
Trianto, (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher
Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Utami, U. F. (2018). Peran Model Pembelajaran Contextual Teacher Learning (CTL) Dengan Direct Corrective Feedback untuk Meningkatan Kemampuan Literasi Dan Self Efficacy Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 417-424
Yenti, I. N. (2009). Pendekatan Kontekstual (CTL) Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Ta’dib, 12(2), 118-125
Published
2022-06-29