Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplor situs keagamaan & kebudayaan di Provinsi Aceh agar dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di tingkat Madrasah Tsanawiyah sebagai media dan mengeksplor situs tersebut menjadi media pembelajaran berbagai materi ajar matematika di tingkat Madrasah Tsanawiyah untuk dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan eksplorasi, Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan tataran analisis eksploratif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa lembar angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis datanya berupa analisis kualitatif untuk mengekspoler situs keagamaan & kebudayaan di Provinsi Aceh yang dapat digunakan untuk media pembelajaran matematika di tingkat Madrasah Tsanawiyah. Subjek untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah perwakilan tokoh agama, tokoh adat, ahli arkeologi dan ahli arsitektur yang benar-benar memahami nilai-nilai yang terkandung dalam situs keagamaan, artefak dan rancangan bangunan dan benda-benda yang sedang berkembang  dalam zona-zona wilayah di atas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa   Situs keagamaan dan kebudayaan di Provinsi Aceh yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika di tingkat Madrasah Tsanawiyah adalah Kalung pada pakaian adat, Sudong, Geudrang, Kuah Beulanggong, Sie Reuboh, Tugu Kupiah Meukeutop Teuku Umar, Tilam Gulong, Kindang, Karah. Adapun situs yang dieksplor tersebut dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran utnuk materi ajar matematika di tingkat Madrasah Tsanawiyah diantaranya adalah layang-layang, kerucut, tabung, sistem persamaan linear dua variabel.

Keywords

Identifikasi, Media, Berbasis Agama, Budaya Aceh

Article Details

How to Cite
Trina Sari, N., Authary, N., Reza, U., & Mainidar, M. (2022). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Agama dan Budaya Masyarakat Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 195-211. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4312

References

  1. Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  2. Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. _____________. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.Hasan.
  4. Hasibuan, J.J, dan Moedjiono. 2010 Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  5. Helmiati. 2013. Microteaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  6. Hasmiana. 2015. Kendala yang Dihadapi Guru dalam Proses Belajar Mengajar Matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1: 47.
  7. Padmadewi, Ni Nyoman, dkk. 2017. Pengantar Micro Teaching. Depok: Rajawali Pers, Cet. Ke-1.
  8. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT
  9. Rineka Cipta.
  10. Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
  11. -----.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  12. -----. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, Cet. Ke-6.
  13. Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
  14. Wi Indah. 2014. ”Pengaruh Nilai Microteaching Terhadap Kemampuan Mengajar Praktik Pengalaman Mengajar (PPL) Mahasiswa S1 Program Studi Tadris Biologi Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang”. (Skripsi). Semarang (ID): IAIN Walisongo Semarang.
  15. Widyasturi Permatasari, Winda. 2014. ”Hubungan Pengalaman dan Pembelajaran Microteaching dengan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Angkatan 2010”. (Skripsi). Surakarta(ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'