Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Matematika merupakan konsep abstrak sehingga siswa mengganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, memusingkan dan membosankan untuk dipelajari. Untuk itu diharapkan para guru dapat menggunakan pendekatan yang lebih menarik sehingga siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Pendekatan yang bisa digunakan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran adalah dengan menggunakan pendekatan etnomatematika. Etnomatematika adalah ide-ide, pemikiran dan praktik matematika yang dikembangkan dalam semua budaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat terciptanya etnomatematika serta unsur-unsur matematika yang ada pada tarian dalam Bimbang Gedang pada masyarakat di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari hasil obervasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan tarian dalam Bimbang Gedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, konsep matematika yang ada pada tarian dalam Bimbang Gedang pada masyarakat di Kota Bengkulu meliputi dasar pengukuran yaitu, menghitung, mengukur dan mengidentifikasi yang ditemukan pada jarak, ukuran panggung serta gerakan kaki penari, serta dasar geometri yang meliputi, Sudut (sudut lancip, susut siku-siku dan sudut tumpul) yang ditemukan pada gerakan tangan penari, garis (garis sejajar dan tegak lurus) ditemukan pada gerakan tangan penari, bangun datar (segitiga dan lingkaran) yang ditemukan pada alat bantu dalam tarian seperti piring dan lipatan saputangan dan bangun ruang (tabung) yang ditemukan pada alat musik sebagai pengiring tarian.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)