Main Article Content

Abstract

Analisis butir soal memiliki peran penting untuk mengetahui kualitas soal pada buku teks. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui integrasi kognisi statistik soal materi statistika pada buku teks matematika SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Terdapat tiga jenis buku teks matematika yang dipilih sebagai sampel dengan penerbit yang berbeda yaitu : buku Kemendikbud kelas X (kmd 1) dan XII (kmd 2) dan buku Erlangga kelas XII (Er). Analisis data pada penelitian ini melalui 4 tahap : Menganalisis sampel soal dengan menggunakan kerangka analitis, Memberi kode pada setiap soal sesuai dengan kerangka analitis, Validasi pengkodean dilakukan oleh dua orang, dan Analisis data hasil pengkodean. Kerangka analitis integrasi kognisi statistik terbagi menjadi 3 komponen yaitu, K (pengetahuan dasar statistik), R (penalaran statistik) dan T (berpikir statistik). Hasil penelitian analisis terdapat 526 soal secara keseluruhan, buku Kmd 1 jumlah soal 23 dan terdapat 87 % tergolong komponen K, 13% komponen R dan tidak terdapat komponen T. Buku Kmd 2 jumlah soal 42, terdapat 67% soal tergolong komponen K, 24% komponen R dan 9% komponen T. Buku Er jumlah soal 420, terdapat 95% tergolong komponen K, 4% komponen R dan 1% komponen T. Diberikan saran kepada pihak yang berwenang dalam penerbitan buku teks matematika SMA untuk lebih memperhatikan variasi dalam materi dan soal-soal statistika yang disajikan dalam buku teks sekolah, agar kualitas pembelajaran materi statistika disekolah dapat berkualitas.

Keywords

Buku Teks Matematika SMA Kognisi Statistik

Article Details

How to Cite
Mella Septiana, Khairiani, & Akmal, N. (2022). Analisis Soal Materi Statistika pada Buku Teks Matematika SMA Berdasarkan Kognisi Statistik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 135-146. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4856

References

  1. Araiku, J., Somakim, S., Pratiwi, W. D., Faradilla, N., & Lestari, A. O. (2020). ANALISIS BUKU MATEMATIKA SMA BERDASARKAN STANDARD FOR MATHEMATICAL PRACTICE. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2669
  2. Chairani, Z. (2015). Perilaku metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.20
  3. Chapter 15 A Study of Indonesian Pre-service English as a Foreign Language Teachers Values on Learning Statistics. (n.d.). Retrieved October 10, 2022, from //repo.iainlhokseumawe.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1966&keywords=
  4. Fitrianawati, M. (n.d.). PERAN ANALISIS BUTIR SOAL GUNA MENINGKATKAN KUALITAS BUTIR SOAL, KOMPETENSI GURU DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. 14.
  5. Hasnah, H. (2017). ANALISIS KUALITAS SOAL MATEMATIKA UJIAN SEKOLAH KELAS XII IPA SMA NEGERI DI WATANSOPPENG BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR. PEP Educational Assessment, 1(1), Article 1.
  6. Himmah, W. I. (2019). Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.698
  7. Kelas XII_Matematika Umum_KD 3.2 (1).pdf. (n.d.). Retrieved October 10, 2022, from https://repositori.kemdikbud.go.id/20973/2/Kelas%20XII_Matematika%20Umum_KD%203.2%20%281%29.pdf
  8. Kurniasi, E. R., Farisma, S., & Hartati, S. (2020). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika SMA Negeri 2 Sungaiselan Kelas XI MIPA 1. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), Article 1.
  9. Melanie, M. E., Hartoyo, A., & Ahmad, D. (2016). DESKRIPSI PROSES PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(9), Article 9. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16448
  10. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved October 10, 2022, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911046
  11. Qomariyah, U. N. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Berpikir Statistis Materi Statistik. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 1(1), Article 1.
  12. Schield, M. (n.d.). Statistical literacy: Thinking critically about statistics. 8.
  13. Setyorini, I. A., Pramudya, I., & Setiawan, R. (2017). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA TERHADAP MATERI POKOK STATISTIKA DITINJAU DARI KEBIASAAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika SOLUSI, 1(4), Article 4.
  14. Suharman, A., & Ramadhona, R. (2020). ANALISIS SOAL-SOAL UJI KOMPETENSI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS XI PEMINATAN IPA SEMESTER 1 BERDASARKAN TINGKAT KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM. TANJAK : Journal of Education and Teaching, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i1.81
  15. Wati, E., & Saragih, M. J. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung [Difficulties in Learning Mathematics Concepts in Algebra: A Case Study of Grade VII Students in ABC School Lampung]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.453
  16. Yenusi, T., Mumu, J., & Tanujaya, B. (2019). ANALISIS SOAL LATIHAN PADA BUKU PAKET MATEMATIKA SMA YANG BERSESUAIAN DENGAN HIGHER ORDER THINKING SKILL. Journal of Honai Math, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.58