Main Article Content

Abstract

Rendahnya hasil belajar mahasiswa dalam menyelsaikan permasalahan garis singgung elips menjadi  salah satu tolak ukur terhadap ketidak tuntasan dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model   pembelajaran SOLE terhadap hasil belajar mahasiswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Sampel diambil satu kelas dengan jumlah siswa 19 orang dari keseluruhan populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji non-parametik dengan taraf signifikan  Data Pretest dan Postest dianalisis menggunakan statistik uji-t. Setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran SOLE dan proses kegiatan belajar menggunakan model pembelajaran SOLE termasuk dalam kategori sangat baik dan sesuai dengan yang direncanakan.

Keywords

SOLE GAB Pengaruh E-Learning

Article Details

How to Cite
Novianti, N., Khaulah, S., & Rahma, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) pada Mata Kuliah Geometri Analitik Bidang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 159-166. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4915

References

  1. Afni, K. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.337
  2. Asmawati, L., Hidayat, S., & Atikah, C. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZING LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI GURU PAUD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p90--106
  3. Dami, Z. A., & Styorini, I. N. (2016). Hubungan layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar. Jurnal Cakrawala, 5(11).
  4. Ifa, H., Yoga, D., Puspita, L., & Mazidah, U. (2019). Analisis Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Tengger Gunung Bromo. Majalah Pembelajaran Geografi, 2(1).
  5. Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.32505/v3i2.1366
  6. Prihatiningtyas, N. C., & Nurhayati, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 103. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.204
  7. Rahayu, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Junal Paradigma, 12(1).
  8. Rahayu, S., Suciawati, A., & Indrayani, T. (2021). Pengaruh Edukasi Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Seksual Pranikah Di Smp Yayasan Pendidikan Cisarua Bogor. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1).
  9. Setyorini, H., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environments) Terhadap Prestasi Belajar Berbasis HOTs (High Order Thinking Skills). Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1). https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11357
  10. Suciati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3). https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.290
  11. Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2020). pengertian populasi dan sampel. Metode Penelitian, 43.