Main Article Content
Abstract
Rendahnya hasil belajar mahasiswa dalam menyelsaikan permasalahan garis singgung elips menjadi salah satu tolak ukur terhadap ketidak tuntasan dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SOLE terhadap hasil belajar mahasiswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Sampel diambil satu kelas dengan jumlah siswa 19 orang dari keseluruhan populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji non-parametik dengan taraf signifikan Data Pretest dan Postest dianalisis menggunakan statistik uji-t. Setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran SOLE dan proses kegiatan belajar menggunakan model pembelajaran SOLE termasuk dalam kategori sangat baik dan sesuai dengan yang direncanakan.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Afni, K. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.337
- Asmawati, L., Hidayat, S., & Atikah, C. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZING LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI GURU PAUD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p90--106
- Dami, Z. A., & Styorini, I. N. (2016). Hubungan layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar. Jurnal Cakrawala, 5(11).
- Ifa, H., Yoga, D., Puspita, L., & Mazidah, U. (2019). Analisis Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Tengger Gunung Bromo. Majalah Pembelajaran Geografi, 2(1).
- Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.32505/v3i2.1366
- Prihatiningtyas, N. C., & Nurhayati, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 103. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.204
- Rahayu, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Junal Paradigma, 12(1).
- Rahayu, S., Suciawati, A., & Indrayani, T. (2021). Pengaruh Edukasi Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Seksual Pranikah Di Smp Yayasan Pendidikan Cisarua Bogor. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1).
- Setyorini, H., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environments) Terhadap Prestasi Belajar Berbasis HOTs (High Order Thinking Skills). Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1). https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11357
- Suciati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3). https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.290
- Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2020). pengertian populasi dan sampel. Metode Penelitian, 43.