Main Article Content
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut peserta didik bukan hanya memiliki pengetahuan yang luas akan tetapi juga memiliki keterampilan yang profesional. Penggunaan media pembelajaran secara daring menggunakan Wa Grup belum memperoleh hasil yang maksimal dan media yang digunakan masih kurang menarik dan belum inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul Interaktif Menggunakan Sigil Pada Materi Pola Bilangan dengan menggunakan e-modul dapat mempermudah proses pembelajaran dan bisa dibawa kemana-mana agar tercapai pembelajaran yang efisien, efektif berdaya guna menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMPN 4 Kota Sungai Penuh. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara dan angket. Berdasarkan hasil dari angket yang telah diisi oleh peserta didik, hasil ini menempatkan e-modul pada kriteria praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan sigil pada materi pola bilangan praktis dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
- Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan E-Book dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1(November), 81–85.
- Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2351
- Audia, M. (2019). Pengembangan Media E–Book Dengan Bantuan Sigil Software Untuk Kelas Vii Mts Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung Pada Mata Pelajaran Fiqh.
- Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814
- Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–135.
- Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS).
- Pratami, R. K. V. M., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika Pada Rumah Adat Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 125. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.293
- Putra, G. H., Kanca, N., & Suwiwa, G. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Materi Passing Bola Basket. E-Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 7(1).
- Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Digital Elektronic Publication (Epub) Menggunakan Software Sigil Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. Jurnal Pendidikan Informatika, 1, 11–16.
- Yuris Mimbadri, Suharto, E. O. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Integral Luas Daerah Yuris. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.