Main Article Content

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut peserta didik bukan hanya memiliki pengetahuan yang luas akan tetapi juga memiliki keterampilan yang profesional. Penggunaan media pembelajaran secara daring menggunakan Wa Grup belum memperoleh hasil yang maksimal dan media yang digunakan masih kurang menarik dan belum inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul Interaktif Menggunakan Sigil Pada Materi Pola Bilangan dengan menggunakan e-modul dapat mempermudah proses pembelajaran dan bisa dibawa kemana-mana agar tercapai pembelajaran yang efisien, efektif berdaya guna menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMPN 4 Kota Sungai Penuh. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara dan angket. Berdasarkan hasil dari angket yang telah diisi oleh peserta didik, hasil ini menempatkan e-modul pada kriteria praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan sigil pada materi pola bilangan praktis dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran.

Keywords

Pengembangan E-Modul Sigil Pola Bilangan

Article Details

How to Cite
Saltifa, I., Putri, R., & Gunawan, R. G. (2023). Pengembangan E-Module Interaktif Menggunakan SIGIL pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 219-228. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.5915

References

  1. Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
  2. Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan E-Book dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1(November), 81–85.
  3. Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2351
  4. Audia, M. (2019). Pengembangan Media E–Book Dengan Bantuan Sigil Software Untuk Kelas Vii Mts Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung Pada Mata Pelajaran Fiqh.
  5. Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814
  6. Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–135.
  7. Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS).
  8. Pratami, R. K. V. M., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika Pada Rumah Adat Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 125. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.293
  9. Putra, G. H., Kanca, N., & Suwiwa, G. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Materi Passing Bola Basket. E-Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 7(1).
  10. Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Digital Elektronic Publication (Epub) Menggunakan Software Sigil Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. Jurnal Pendidikan Informatika, 1, 11–16.
  11. Yuris Mimbadri, Suharto, E. O. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Integral Luas Daerah Yuris. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.