Main Article Content
Abstract
Pemerintah telah memberlakukan Kurikulum 2013 sebagai upaya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan perkembangan zaman dan memiliki ciri khas dalam penggunaan pendekatan scientific/ilmiah pada proses pembelajarannya. Tidak mudah untuk menerapkan pendekatan scientific dengan baik dan benar khususnya pada mata pelajaran matematika. Banyak aspek yang menjadi ukuran keberhasilan penerapan tersebut salah satunya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan scientific dengan subjek siswa kelas XI SMA Labschool yang ditentukan berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi terhadap kegiatan siswa dalam proses pembelajaran dan hasil wawancara yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk ketiga subjek komponen yang belum terlaksana dengan baik adalah mengkomunikasikan. Aktivitas yang berlangsung hanya sebatas berdiskusi dengan teman sekelompok, sedangkan mengkomunikasikan yang dituntut dalam pendekatan scientific memiliki beberapa kegiatan yang harus di laksanakan. Hal itu terjadi karena beberapa faktor diantaranya waktu yang tersedia tidak cukup untuk melaksanakan kegiatan tersebut sehingga terlewatkan.. Ketiga subjek memiliki aktivitas yang berbeda dalam setiap kegiatan dan belum seluruhnya sesuai dengan deskripsi yang diharapkan dalam pendekatan scientific.
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)