Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti, analisis terhadap lembar jawaban ulangan harian siswa dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis lembar jawaban ulangan harian siswa yaitu 70% siswa yang memiliki kemampuan dibawah 2,4. Dimana indikator kemampuan penalarannya yaitu menyajikan pernyataan matematika dengan gambar, memeriksa kesasihan suatu argumen, melakukan manipulasi data, mengajukan dugaan dan menarik kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x2 sma 1 banuhampu yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes kemampuan penalaran. Data yang terkumpul dianalis dengan prosedur analisis kerja, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa tergolong sedang, dengan skor 2,02. Jika dilihat secara distribusinya yaitu 5 orang siswa (18%) dengan kategori tinggi, 15 orang siswa (53,5%) jategori sedang dan 8 orang siswa (28,5%) dengan kategori rendah.
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)