Main Article Content
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dirasa mampu untuk
meningkatkan semangat peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar,
karena dengan pembelajaran secara kooperatif semaksimal mungkin partisipasi siswa
dalam memperoleh pengetahuan sangat diperlukan. Oleh karena itu, metode
pembelajaran yang menjadi alternatif pilihan adalah metode control to free. Metode
pembelajaran yang akan diterapkan harus memperhatikan sasaran atau subyek pelaku
tindakan. Subyek penellitian ini adalah siswa MTsN Langsa kelas IX-1 dengan jumlah
34 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2
siklus. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan
membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dan
analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal nilai rata-rata hanya sebesar 53,67.
Sedangkan pada Siklus I nilai rata-rata mencapai 61,21 dan pada Siklus II rata-rata
mencapai 85,23. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu penggunaan
metode pembelajaran control to free dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa
kelas IX-1 pada materi teks report di MTsN Langsa.
Keywords : Metode Control To Free, Kemampuan Menulis, Tek
Keywords
Article Details
Author who publishes in the At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan ISSN: 2086-9754 (Print), 2086-9754 (Online) agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.