Main Article Content
Abstract
Performance siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai salah satu indikasi
penting dalam mutu pembelajaran dapat dilihat dari hasil kegiatan belajarnya. Hal
ini terkait pula dengan tingkat pemahaman siswa karena tinggi rendahnya prestasi
belajar siswa juga hasil dari upaya belajarnya. Rendahnya perolehan prestasi belajar
IPA di MTs Negeri Langsa menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya
kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang
berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman
siswa pada materi biotik dan abiotik dengan metode diskusi kelompok di kelas VII-
1. Di samping itu melalui penelitian ini siswa terlatih untuk dapat memecahkan
masalah. Bagi guru penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan
profesional dan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok menjadi alternatif
pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengkaji lebih mendalam
penggunaan metode diskusi kelompok. Dalam pembelajaran IPA yang membantu
siswa mengetahui, memahami, mengamalkan dalam kehidupan dunia nyata dan
ingin mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan metode diskusi kelompok
tersebut. Berdasarkan analisis dan refleksi hasil tes prasyarat siklus I dan II dapat
disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Negeri
Langsa pada kondisi awal mencapai nilai 2,9 % termasuk kualifikasi rendah dan
pada siklus I dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 29,41 % maka
angka tersebut kualifikasi sedang. Pada siklus II mencapai nilai 97,1 % maka angka
tersebut kualifikasi tinggi. Berarti setelah siklus II semua subjek mengalami
peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok.
Keywords
Article Details
Author who publishes in the At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan ISSN: 2086-9754 (Print), 2086-9754 (Online) agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.