Main Article Content
Abstract
Didalam proses belajar mengajar kadang kala guru masih kurang menggunakan
metode yang sangat tepat. Pelajaran yang diberikan oleh guru secara langsung,
seharusnya dapat diamati, diteliti, di hayati dan dikerjakan sendiri oleh anak didik,
sehingga dapat menimbulkan kesan yang lebih lama dan tidak mudah terlupakan.
Oleh karena itu media pendidikan memegang peranan penting dalam menunjang
keberhasilan proses belajar mengajar. Metode diskusi kelompok adalah merupakan
salah satu metode pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif dan
berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran ini guru
memberikan pengarahan dan bimbingan sesuai dengan materi yang akan di ajarkan
kepada sisiwa, yang mana siswa disuruh berdiskusi langsung kepada teman dan
kelompoknya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2
siklus dan setiap satu siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa
kelas II-b pada MIN Paya Bujok yang berjumlah 36 siswa. Analisis data
menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi
awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dan analisis deskriptif
kualitatif hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam siklus I yaitu 8
siswa atau 23,53. Selanjutnya pada siklus II diperoleh hasil yang memuaskan karena
29 siswa atau 85.29% berhasil mendapatkan nilai diatas KKM 70, selebihnya masih
ada 5 siswa atau 14.17% yang tidak tuntas. Maka dapat disimpulkan adanya
peningkatan hasil belajar siswa pada materi Akhlak Terpuji menggunakan metode
diskusi pada siswa
Keywords
Article Details
Author who publishes in the At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan ISSN: 2086-9754 (Print), 2086-9754 (Online) agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.