Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang metode saintifik dalam implementasi kurikulum 2013 dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran PAI pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Provinsi Aceh. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method concurrent nested/concurrent embedded strategy) yang dilaksanakan pada 102 sekolah dengan menggunakan instrumen kuesioner dan 12 sekolah menggunakan instrumen wawancara. Penelitian ini melibatkan 211 guru PAI yang dipilih melalui persampelan porposive sampling, simple random sampling dan cluster sampling persampelan untuk kuantitatif dan 12 responden untuk kualitatif. Analisis data penelitian kuantitatif menggunakan statistik inferensi melalui analisis uji-t serta menggunakan analisis data wawancara untuk kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan guru PAI dalam memahami metode saintifik berdasarkan pada substansi kurikulum 2013. Ini menunjukkan bahwa guru PAI wilayah dalam Kota lebih memahami metode pembelajaran saintifik dibandingkan dengan guru PAI luar Kota.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author who publishes in the At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan ISSN: 2086-9754 (Print), 2086-9754 (Online) agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
- Abd. Ghafar Md. Din. 2003. Prinsip dan amalan pengajaran. Kuala Lumpur : Utusan Publication dan Distributors Sdn. Bhd.
- Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. 2008. Metologi pengajaran agama Islam. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Aqib Zainal, dan Elham. 2008. Membangun Profesionalisme Guru Dan Pengawas Sekolah, Bandung: CV Yrama Widya.
- Arifin, H.M. 2003. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pend ekatan Interdisipliner, ed.Rev, Jakarta: Bumi Aksara.
- Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian; suatu pendekatan dan praktek. Cet ke-11. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Babbie, E. 2001. The practice of social research. Edisi ke 9. Belmont, CA: Wadsworth.
- Bady, L & Kennedy, L. 1999. Curriculum Construction. Sydney: Prentice Hall.
- Ball, S.J. 1985. School Politics, Teachers' Careers and Educational Change: A case study of becoming a compre- hensive school. In L. Barton and S. Walker (eds), Education and Social Change. London: Croom Helm.
- Behar, L.S. 1994. The knowledge base of curriculum: an empirical analysis. (Lanham, MD: University Press of America).
- Bloom, B.S. (Ed). 1979. Taxonomy of Educational Objectives. London: Longman Group Ltd.
- Chua, Y.P. 2006. Metode dan statistik penyelidikan. Metode penyelidikan. Buku 1. Kuala Lumpur: McGraw-Hill Education.
- Chua, Y.P. 2006. Metode dan statistik penyelidikan. Metode penyelidikan. Buku 2. Kuala Lumpur: McGraw-Hill Education.
- Chuan, Y.P. 2006. Research Methods. Shah Alam: McGraw-Hill Education.
- Cohen, L. & Manion, L. 2000. Research method in education. Edited by 5. London: Routlege Falmer.
- Cohen, L. & Manion, L. 1994. Research methods in education. Ed. Ke-4. London: Kogan Page.
- Creswell, J.W. 2005. Educational research: planing, conducting and evaluating, quantitative and qualitative research. Ed. Ke-2 Upper Saddle River, NJ: Pearson.
- Davis, D. 2002. Business research for decision making. Ed. Ke-5. New York: Duxbury Thomson Learning, University of Central Florida.
- Drake, Susan M. 2013. Menciptakan terintegrasi yang berbasis standar. Ed. Ke-3. Jakarta: PT. Indeks.
- Fraenkel, J. R., & Wallen, N.E,. 1996. How to design an evaluate research in education 3rd edition. Newyork: McGraw-Hill.
- Fullan, M. 1993. Change forces: probing the depths of education reform. London: Falmer Press.
- Fullan, M. 2007. The New Meaning of educational change, New York: NY., Teacher Collage press.
- Fullan, M.G. & Stiegelbauer, S. 1991. The new meaning of educational change (2nd edition). New York Teachers College Press.
- Fullan, M.G. 1982. The meaning of educational change. New York: Teachers College Colombia University.
- Gagne, R.M. 1975. Essentials of Learning for Instruction. New York: Holt. Rinchart and Winston.
- Gay, L.R., Mills, G.E., & Airasian, P. (Eds.). 2006. Education Research. Competencies for Analysis and Applications (8 th ed). Upper Saddle River: Pearson Educational, Inc.
- Gunawan, Heri. 2013. Kurikulum dan pembelajaran pendidikan Agama Islam. Cet ke-2 Bandung: CV. Alfabeta.
- Gutek, L. Gerald L. 2004. Philosophical and ideological voices in education. Pearson Education.
- Hair, J.F., W.C., Babin, B.J., Anderson, R.E., & Tatham, R.L. 1998. Multivariate data analysis. New Jersey: Pearson Education International.
- Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Cet ke-3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan pembelajaran . Cet ke-13. Jakarta: Bumi Aksara.
- Hamdan, Abdul Rahim. 2007. Pengajian kurikulum. Cet. Ke-3. Johor Bahru, Johor Darul ta’zim : UTM Press.
- Hammond L.D. and Hudson, L., 1990 Precollege Sdciense and Mathematica Teachers: Supply, Demand and Quality. In Marianne Amarel, at.al., (Ed) Review of Researc In Education 1989-1990. Washington: DC.: AERA.
- Hamzah, Mohd. Daud. 1994. Desainkurikulum sekolah. Selangor Darul Ehsan: Percetakan Dewan Bahasa dan Pustaka Lot1037, Mukim Perindustrian PKNS.
- Haryati, Mimin. 2008. Model Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.
- Hasan, Hamid. 2009. Evaluasi kurikulum, cet. Ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Hidayat, Ara., & Imam Machali. 2012. Konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Yogyakarta: Kaukaba.
- Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan kurikulum baru. cet. Ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Hosnan, M. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21; kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Cet Ke-2. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Idi, Abdullah. 2014. Pengembangan kurikulum; teori & praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Idris, Noraini. 2010. Penyeledikan dalam pendidikan. Malaysia: McGraw Hill. Sdn.Bhn.
- Ismail, Ramlee, at all. 2014. Analisis data kuantitatif. Kuala Lumpur: Kaisar Metia Kreatif.
- Jalaluddin, & Abdullah Idi. 2010. Filsafat pendidikan; manusia, filsafat, dan pendidikan. Cet ke-3. Yogyakarta: Ar-Ruzz Metia.
- Kamus Dewan edisi ke empat. 2005. Selangor: Dewan Bahasa dan Pustaka.
- Kamus Dewan edisi ke empat. 2007. Selangor: Dewan Bahasa dan Pustaka.
- Kemendiknas. 2010. Pengembangan KTSP SMA, Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
- Khairuddin, Junaedi, Mahfud, dkk. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Konsep dan Implementasinyadi Madrasah, Yogyakarta: Nuansa Aksara.
- Krejcie R. V., & Morgan D.W. 1970. Determining sample size for research activities. Educational and Psychological Measurement. 30,607-610.