Main Article Content

Abstract

Pendidikan karakter adalah upaya sadar dan terencana dalam mengetahui kebenaran atau kebaikan, mencintainya dan melakukannya  dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan menurut Oong Komar pendidikan karakter adalah pemberian pandangan mengenai berbagai jenis nilai hidup, seperti keimanan, kejujuran, kecerdasan, kepedulian, tanggung jawab, kebenaran, keindahan, dan kebaikan. Jadi pendidikan berbasis karakter dapat mengintegrasikan informasi yang diperolehnya selama dalam pendidikan untuk dijadikan pandangan hidup yang berguna bagi upaya penanggulangan persoalan hidupnya. Pendidikan ini memiliki beberapa metode dalam pembelajarannya. Metode-metode tersebut  antara lain dengan menggunakan metode tadzkirah, metode istiqomah,  metode hiwar (dialog), metode kisah (cerita), metode perumpaan (amtsal), metode uswah  (keteladanan), metode, serta metode targhib dan tarhib. Dalam pemberian sanksi diusahakan tidak mendahulukan sanksi bersifat fisik, kalau pun terpaksa hendaknya menghindari bagian muka dan bagian lain yang membahayakan anak didik, kemudian pukulan dilaksanakan hanya sekedarnya saja, tidak bermaksud balas dendam atau motif lain. Metode-metode tersebut diharapkan dapat menanamkan dan menjaga karakter dalam diri siswa sehingga dekadensi moral dalam generasi peserta didik dapat dihindarkan atau setidaknya diminimalisasikan.

Keywords

Metode Pembelajaran Pendidikan Karekter Islam

Article Details

How to Cite
., M. M. (2017). METODE BUILDING KARAKTER EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 327-340. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/221

References

  1. Abd. Al-‘Aziz, S. al-Tarbiyah al-Haditsah Maddatuha, Mabadi’u wa-Tatliiqutuha al-Amaliyah (al-Tarbiyah wa Thuruqud aal-Tadris), Kairo: Dar al-Ma’arif, 1119 H
  2. Aziz saefudin, A. Jurnal Pndidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Sunan kalijaga, Vol.IX,No 1 Juni, 2012
  3. Echols, J. M., & Hasan Shadly, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2006
  4. Hasan. F., & Koentjaraningrat, Beberapa Asas Metodologi Ilmiah, Jakarta : Gramedia, 1977.
  5. Hidayatullah, F. Guru Sejati, Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas, Surakarta : Yuma Pustaka, 2010
  6. Majid, A. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012.
  7. Majid, A., & Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
  8. Muhammad Athiyah , al-Abrasyi, Ruh al-Tarbiyat wal al-Ta’’lim, Kairo; Isa al-Babi al-Halabi & Co.
  9. Oong Komar, Pendidikan Berbasis Karakter, http://edukasi,kompas.com
  10. Qodri Azizi, A. Pendidikan untuk Membngun Etika Sosial, Jakarta : Aneka Ilmu, 2003.
  11. Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Radar Jaya Offset, 2012
  12. Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung : Rosda Karya, 2010
  13. Tim Penyusun, Kamus Bahasa Indonesia, cet ke-1, Jakarta : Balai Pustaka, 1988