Main Article Content

Abstract

Semakin berkembangnya zaman dan canggihnya teknologi maka dalam melaksanakan pembelajaran tidak lagi hanya dilakukan secara konvensional tetapi juga dapat dilakukan secara daring (online). Aplikasi Sevima Edlink merupakan salah satu media berbasis android bersifat mobile yang dikhususkan untuk dunia pendidikan yang dapat digunakan para pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Sevima Edlink dalam proses pembelajaran pada mahasiswa Prodi PAI FTIK IAIN Langsa. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa terletak di Desa Meurandeh, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa, Provinsi Aceh. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juni 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan menyatakan bahwa penggunaan aplikasi Sevima Edlink dalam proses pembelajaran pada mahasiswa Prodi PAI FTIK IAIN Langsa dapat dikatakan efektif. Hal ini didukung dari hasil wawancara dan observasi yaitu menunjukkan bahwa aplikasi Sevima Edlink dapat memudahkan dan membantu dosen maupun mahasiswa dalam melakukan pembelajaran baik dalam penyampaian materi, penugasan serta penilaian. Bukan hanya itu, ini juga terlihat dari tercapainya empat indikator yang menjadi tolak ukur efektivitas dalam penelitian ini, yaitu kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran dengan baik, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran baik, respon peserta didik terhadap pembelajaran yang positif, serta tercapainya tujuan pembelajaran.

Keywords

Efektivitas Aplikasi Sevima Edlink Proses Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Meilindha, S. S. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI SEVIMA EDLINK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA PRODI PAI FTIK IAIN LANGSA. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 528-537. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/3208

References

  1. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  2. J. Moleong, Lexy. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
  3. Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Kominukasi. Bandung: Alfabeta
  5. Sadiman, Arief S. dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  6. Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
  7. Ahmadi dan Aulia Mustika Ilmiani. 2020. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Ruas Media.