Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk penerapan model pembelajaran audio tutorial dalam meningkatkan kualitas hasil belajar PAI di MAN Sungai Lueng dan model pembelajaran audio tutorial terhadap kualitas hasil belajar PAI di MAN Sungai Lueng. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian metode campuran (mixed method). Penelitian mixed method (metode campuran) berfokus pada pengumpulan dan analisis data serta memadukan antara data kuantitatif dan data kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data kualitatatif yaitu memberikan gambaran hasil wawancara, sedangkan analisis data kuantitatif memberikan gambaran hasil penyebaran angket setelah di analisis. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain:
1) Terdapat pengaruh secara signifikan antara penerapan model pembelajaran
audio tutorial (X) terhadap peningkatan kualitas hasil belajar PAI di MAN Sungai Lueng (Y) secara signifikan sangat tinggi. Dari hasil penelitian dengan menggunakan penyebaran angket maka jika dianalisis yaitu hasil t hitung berjumlah 0, 89 sedangkan t tabel 0, 683 artinya angka tersebut memiliki pengaruh sangat tinggi. 2) Penerapan model pembelajaran audio tutorial pada proses pembelajaran bidang studi PAI di MAN Sungai Lueng sudah berjalan sesuai dengan prosedur. Hal ini terbukti dengan meningkatnya kualitas hasil belajar siswa pada bidang studi PAI dibandingkan cara guru mengajar menggunakan metode ceramah atau lainnya
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- A.S Sadiman, R. Raharjo, A. Haryanto dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta : Pustekom dan Raja Grafindo Persada.
- Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke- 3, Jakarta: Balai Pustaka.
- Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembalajaran, Jakarta: Rineka Cipta Tahun.
- Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2010. Evalusai Pembelajaran, Jakarta: Multi Press. Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan
- Kominukasi, Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia. Rusman. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi :
- Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti
- Pemula, Bandung: Alfabeta.
- S. Suryosubroto. 1998. Sistem Pengajaran Dengan Modul, Yogyakarta: Bina Aksara.
- Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengaja, Bandung: Rosdakarya.
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
- W. S. Winkel. 1987. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.
- W. Creswell, John. 2015. Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed), Cet. Ke-5, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.