Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah integrasi dari berbagai disiplin ilmu dalam upaya transfer of knowledge dan transfer of value. Pendidikan islam bagi anak, haruslah diberikan sesuai dengan keadaan mereka, yaitu dengan menghadirkan hiburan yang mendidik yang membuat anak senang dan mendapat pelajaran dari hiburan tersebut. Film Nussa dan Rara sangat sesuai untuk anak-anak dalam menggambarkan bagaimana menanamkan pendidikan islam. Dibandingkan dengan tayangan animasi lainnya yang masih menyisakan adegan kekerasan. Selain itu, sajian dalam film ini juga mencerdaskan dan membangkitkan minat mereka pada ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti dan mengkaji lebih dalam nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat dalam film Nussa dan Rara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam film Nussa dan Rara karya Adityo Triantoro?†Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (penelitian kepustakaan atau library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis dengan pendekatan pragmatik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan islam yang ada dalam film Nussa dan Rara yaitu: kebiasaan mengucapkan dan menjawab salam, kebiasaan mengucapkan terima kasih, saling menasihati atau mengingatkan dalam kebaikan, kebiasaan salaman atau salim, melaksanakan ibadah shalat, dan serta menanamkan kepada anak bahwanya shalat itu wajib dan shalat itu tentunya lebih baik daripada tidur. Hal ini membuktikan bahwa nilai pendidikan keislaman yang terdapat dalam film Nussa dan Rara sangat relevan dengan pembelajaran PAI saat ini, sikap atau kebiasaan yang dilakukan oleh tokoh maupun adegan yang tercipta pada film yang dapat menjadi contoh dalam tujuan pencapaian karakter anak sesuai dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- A Muhli Junaidi. 2009. Bermain dan Belajar Bersama Upin dan Ipin. Yogyakarta : DIVA Press
- Abdul Majid, Abdul Aziz. 2003. Mendidik Anak dengan Cerita,terj, Syarif Hade Masyah. Jakarta: Mustabiin
- Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Yoyakarta : Pustaka Pelajar
- Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gang Persada
- Lexy J. Moleong. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakrya
- Novia Annisa. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa, Skripsi, Langsa: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
- Susanti. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Upin Dan Ipin Karya Moh. Nizam Abdul Razak dkk, Skripsi, Purwokerto: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
- Zainuddin Ali. 2007. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
- Zakiah Darajat. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Bumi Aksara
- Zulkarnain. 2008. Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar