Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode An-Nahdliyah dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Rancangan penelitian yang akan penulis gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil evaluasi pada siklus I masih belum tuntas, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Refleksi siklus I dilakukan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan pada siklus II. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Penerapan metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa dapat dikatakan berhasil. Hal ini terbukti dari hasil pada siklus I sebesar 53,33 yang tergolong cukup, tetapi pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86,67 yang tergolong sangat baik sekali. 2) Kesiapan guru dalam mengajar menggunakan metode an-Nahdliyah sangatlah baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat (observer) pada siklus I sebesar 77,08 dan meningkat pada siklus II sebesar 95,83, dengan kata lain tidak ada kendala bagi guru dalam menerapkan metode an-Nahdliyah.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Abdurrahman, Mulyono. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
- Alam, Alfatih. Ilmu Tajwid. Jakarta: Amzah, 2010
- Amrul, M. Hafidz. Penerapan Metode An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ Tarbiyatul Ishlah Karang Talang Sendang. Skripsi yang tidak diterbitkan, 2015.
- Andiyana. Titri. Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MTS Al-Ma’arif Tulungagung. IAIN Talunggung, 2016.
- Chaer, H. Abdul. Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
- Dalman. Ketrampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
- Ekawarna. Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: GP. Press Group, 2013.
- Farida, Erlina. Kemampuan Baca-Tulis Al-Qur’an Dan Penguatan Agama Siswa Madrasah Tsanawiyah Di 8 Kota Besar Di Indonesia. Jurnal Edukasi, Vol. 11, No.3, 2013.
- Farid, Maksum, dkk. Cepat Tanggap Belajar Al-Quran An Nahdliyah. Tulungagung: LP. Ma’arif, 2011.
- Fathurrohman Pupuh, dan M. Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Jakarta: Refika Aditama, 2012.
- Firdaus, Asad. Metode Membaca Al-Qur’an. Jakarta: Grasindo, 2013.
- Gufron, Mohammad. Ulumul Qur’an. Yogyakarta : Penerbit teras, 2013.
- Hadi, Mukhlis. Belajar Al-Quran di Usia Dini. Jakarta: Gramedia, 2014.
- Hanim, Musdhalifah. Metode Mengajar Al-Qur’an. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
- Idris, Muhammad. Metode Membaca Al-Qur’an. Yogykarta: Deepublish, 2018.
- Jamaris, Martini. Kesulitan BelajarPerspekif, Assessment, dan Penanggulanganya Bagi Anak Usia Dini dan Usai Sekola. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
- Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2014.
- Latifullah, Amran. Kiat-Kiat Membaca Al-Qur’an. Bandung: Qira’ati, 2015.
- Maujud, Fathul. Pembinaan Keterampilan Menulis Al-Qur’an. Jurnal Tsaqafah, Vol. 4, No. 1, 2014.
- Meliyawati. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish, 2016. Muhtar, Khanan. Pedoman Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qu’an Metode An-Nahdiya. Tulungagung : LP. Ma’arif NU, 2013.
- Muhtar. Materi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Derektorat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Terbuka, 2010.
- Muslich, Masnur. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010
- Nur, Subhan. Pintar Membaca Al-Qur’an Tanpa Guru. Jakarta: Qultum Media, 2014.
- Nurhadi. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
- Pimpinan Pusat Majelis Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an, Metode Cepat TanggapBelajar Al-Qur’an An-Nahdliyah. Tulungagung: Pusat Majelis Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nahdliyah Tulungagung, 2010.
- Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 20012.
- Qomar, Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2013.
- Ramayulis. Metodelogi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
- Rasito, Hermawan. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.
- Setiawan, Guntur. Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka, 2011.
- Shihab, M. Quraish. et. all. Sejarah dan Ulum Al-Qur’an. Jakarta: Pusataka Firdaus, 2010.
- Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.
- Sugiyono. Memahami penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2015.
- Suhaimi, Ansor. Metode Pengajaran Al-Qur’an. Jakarta: Grasindo, 2018.
- Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.
- Syarifudin, Ahmad. Mendidik Anak: Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press, 2014.
- Syukur, Amin. Pengantar Studi Islam. Semarang: Pustaka Nuun, 2010
- Tim Penyusun Studi Islam IAIN Sunan Ampel. Pengantar Studi Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011.
- Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam II. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
- Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.