Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode An-Nahdliyah dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Rancangan penelitian yang akan penulis gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil evaluasi pada siklus I masih belum tuntas, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Refleksi siklus I dilakukan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan pada siklus II. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Penerapan metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa dapat dikatakan berhasil. Hal ini terbukti dari hasil pada siklus I sebesar 53,33 yang tergolong cukup, tetapi pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86,67 yang tergolong sangat baik sekali. 2) Kesiapan guru dalam mengajar menggunakan metode an-Nahdliyah sangatlah baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat (observer) pada siklus I sebesar 77,08 dan meningkat pada siklus II sebesar 95,83, dengan kata lain tidak ada kendala bagi guru dalam menerapkan metode an-Nahdliyah.

Keywords

METODE AN-NAHDLIYAH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN

Article Details

How to Cite
Sudariyana, Mahyiddin, & Nurhanifah. (2017). PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LANGSA. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 587-596. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/3213

References

  1. Abdurrahman, Mulyono. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
  2. Alam, Alfatih. Ilmu Tajwid. Jakarta: Amzah, 2010
  3. Amrul, M. Hafidz. Penerapan Metode An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ Tarbiyatul Ishlah Karang Talang Sendang. Skripsi yang tidak diterbitkan, 2015.
  4. Andiyana. Titri. Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MTS Al-Ma’arif Tulungagung. IAIN Talunggung, 2016.
  5. Chaer, H. Abdul. Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
  6. Dalman. Ketrampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
  7. Ekawarna. Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: GP. Press Group, 2013.
  8. Farida, Erlina. Kemampuan Baca-Tulis Al-Qur’an Dan Penguatan Agama Siswa Madrasah Tsanawiyah Di 8 Kota Besar Di Indonesia. Jurnal Edukasi, Vol. 11, No.3, 2013.
  9. Farid, Maksum, dkk. Cepat Tanggap Belajar Al-Quran An Nahdliyah. Tulungagung: LP. Ma’arif, 2011.
  10. Fathurrohman Pupuh, dan M. Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Jakarta: Refika Aditama, 2012.
  11. Firdaus, Asad. Metode Membaca Al-Qur’an. Jakarta: Grasindo, 2013.
  12. Gufron, Mohammad. Ulumul Qur’an. Yogyakarta : Penerbit teras, 2013.
  13. Hadi, Mukhlis. Belajar Al-Quran di Usia Dini. Jakarta: Gramedia, 2014.
  14. Hanim, Musdhalifah. Metode Mengajar Al-Qur’an. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
  15. Idris, Muhammad. Metode Membaca Al-Qur’an. Yogykarta: Deepublish, 2018.
  16. Jamaris, Martini. Kesulitan BelajarPerspekif, Assessment, dan Penanggulanganya Bagi Anak Usia Dini dan Usai Sekola. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
  17. Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2014.
  18. Latifullah, Amran. Kiat-Kiat Membaca Al-Qur’an. Bandung: Qira’ati, 2015.
  19. Maujud, Fathul. Pembinaan Keterampilan Menulis Al-Qur’an. Jurnal Tsaqafah, Vol. 4, No. 1, 2014.
  20. Meliyawati. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish, 2016. Muhtar, Khanan. Pedoman Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qu’an Metode An-Nahdiya. Tulungagung : LP. Ma’arif NU, 2013.
  21. Muhtar. Materi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Derektorat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Terbuka, 2010.
  22. Muslich, Masnur. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010
  23. Nur, Subhan. Pintar Membaca Al-Qur’an Tanpa Guru. Jakarta: Qultum Media, 2014.
  24. Nurhadi. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
  25. Pimpinan Pusat Majelis Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an, Metode Cepat TanggapBelajar Al-Qur’an An-Nahdliyah. Tulungagung: Pusat Majelis Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nahdliyah Tulungagung, 2010.
  26. Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 20012.
  27. Qomar, Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2013.
  28. Ramayulis. Metodelogi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
  29. Rasito, Hermawan. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.
  30. Setiawan, Guntur. Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka, 2011.
  31. Shihab, M. Quraish. et. all. Sejarah dan Ulum Al-Qur’an. Jakarta: Pusataka Firdaus, 2010.
  32. Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.
  33. Sugiyono. Memahami penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2015.
  34. Suhaimi, Ansor. Metode Pengajaran Al-Qur’an. Jakarta: Grasindo, 2018.
  35. Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.
  36. Syarifudin, Ahmad. Mendidik Anak: Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press, 2014.
  37. Syukur, Amin. Pengantar Studi Islam. Semarang: Pustaka Nuun, 2010
  38. Tim Penyusun Studi Islam IAIN Sunan Ampel. Pengantar Studi Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011.
  39. Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam II. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
  40. Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.