Main Article Content

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh para guru dan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia masih bercampur dengan bahasa lain, termasuk pencampuran antara bahasa Indonesia dengan bahasa gayo, bahasa pergaulan diantara mereka dengan bahasa gaul yang merusak (PAKEM) bahasa Indonesia. Pada saat pembelajaran berbicara, dimana siswa diharapkan untuk menceritakan kembali isi wacana yang telah dibaca, ternyata masih banyak siswa yang kurang benar dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan ejaan yang benar. Permasalahan pokok yang di kaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Upaya menstimulus dialog Berbahasa Indonesia pada Siswa Kelas 1 di SMP I Lokop Kecamatan Serbajadi? 2) Metode apa sajakan yang digunakan dalam meningkatkan Dialog Berbahasa Indonesia pada Siswa Kelas 1 di SMP I Lokop Kecamatan Serbajadi? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui upaya menstimulus dialog Berbahasa Indonesia pada Siswa Kelas 1 di SMP I Lokop Kecamatan Serbajadi. 2) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam meningkatkan Dialog Berbahasa Indonesia pada Siswa Kelas 1 di SMP I Lokop Kecamatan Serbajadi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya Menstimulus dialog berbahasa indonesia pada siswa kelas 1 di SMP I Lokop Kecamatan Serbajadi dengan melakukan upaya penerapan pembiasaan menyimak, berbicara, membaca dan menulis sehingga dengan upaya ini siswa dapat berbicara bahasa indinesia dengan baik dan benar. Sedangkan (2) Metode yang digunakan dalam meningkatkan Dialog Berbahasa Indonesia pada Siswa Kelas 1 di SMP yaitu metode eja dan metode suku kata. Metode ini diaplikasikan pada Siswa Kelas 1 di SMP untuk mempermudah berbahasa indonesia

Keywords

Menstimulus Dialog Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SMP

Article Details

How to Cite
Kaderi. (2017). UPAYA MENSTIMULUS DIALOG BERBAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 1 DI SMP I LOKOP KECAMATAN SERBAJADI. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 609-643. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/3243

References

  1. Ari Kristiati, Fakultas Tabiyah dan Keguruan Tahun 2019. dengan Judul: “Peningkatan Ketrampilan Berbicara melalui Pendekatan Dialog antar Teman Satu Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Pada Siswa Kelas 8 B Semester Gasal SMP Negeri 11 Surakarta Kotamadya Surakarta Tahun Pembelajaran 2017 – 2018).
  2. Ade Hikmat dan Nani Sholihati, Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo, 2013.
  3. Azwar, Syarifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
  4. Chaer, Abdul. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2011.
  5. Dhieni, Nurbiana. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.
  6. Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2012.
  7. Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika, 2014.
  8. Herny Guntur Taringan, Membaca sebagai suatu Keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa, 2018.
  9. Humalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara, 2017.
  10. Isah, Cahyani. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2012.
  11. Mulyasa, Enco. Menjadi Guru yang Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
  12. Mila Astutik, Fakultas Tabiyah dan Keguruan Tahun 2014. Dengan Judul ”Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Teks Dialog dengan menggunakan Strategi Role Playing pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 03 Nusukan, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014”.
  13. Miles dan Hubernan, Metode Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
  14. Mulyati, Yeti. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka, 2019.
  15. Moeslichatoen, Metode Pengajaran. Jakarta:PT. Rineka Cipta, 2014.
  16. Nasucha, Yakub. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa, 2014.
  17. Poerwadarminta, Bahasa Indonesia untuk Karang-Mengarang. Yogyakarta: UP Indonesia, 2012.
  18. Solchan, Pendidikan Bahasa Indonesia. Banten: Universitas Terbuka, 2015.
  19. Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2015.
  20. Septiaji, Keterampilan Berbahasa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Kompasiana, 2015.
  21. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2010.
  22. Sugiyono, Metode Penlitian Kualitatif, Kuantitatf dan RD. Bandung: Alfabetha, 2012.