Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi remaja dalam mengikuti kegiatan keagamaan dengan member pemahaman kepada remaja tentang pentingnya remaja untuk berpartisipasi dalam kegiatan social keagamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Pendekatan ini mereupakan sebuah pendekatan yang meliputi kegiatan analisa secara detail melalui kelompok social yang ada di masyarakat. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan prosedur analisis. Dari hasil analisis data diketahui bahwa dalam kegiatan yasinan, memperingati hari besar Islam dan gotong royong tidak semua remaja berpartisipasi. Sedangkan faktor yang menyebabkan remaja kurang berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan yaitu dari faktor intern dan ekstern dimana faktor intern yang berasal dari dalam diri remaja yaitu kurangnya kesadaran remaja akan pentingnya berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan, remaja belum memiliki pemahaman yang baik tentang partisipasinya dalam kegiatan social keagamaan. Sedangkan dari faktor ekstern yaitu faktor yang berasal dari luar diri remaja yaitu keluarga, tempat bermain, dan lingkungan sekitar

Keywords

Partisipasi Remaja Kegiatan Keagamaan

Article Details

How to Cite
Khaidir, Rasyid, M. N., & Ibrahim, B. (2017). Partisipasi Remaja Dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Kampung Alue Pineung Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 655-665. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/3245

References

  1. Arikunto Suharsimi, 2014, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, Cet Ke-15.
  2. Abdul Qadir Muhammad Ahmad,2018, Metodologi Pengajian Agama Islam, Jakarta: Rineka Cipta, Cet Pertama.
  3. Budiman Haris, Al-tazkiyyah : Jurnal Pendidikan, Volume 6, Mei 2015.
  4. B Hurlock Elizabeth, Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, (Jakarata Erlangga, edisi kelima).
  5. Dariyo Agoes , 2002. psikologi perkembangan Remaja, Jakarta: Ghalia Indonesia.
  6. Elsa,Pranada,http://www.kompasiana.com/elsapranada/583a184852937320175f13e7/generasi-muda-penerus-bangsa.
  7. Fauzi,dkk, 2016. Pedoman Penulisan Skripsi, Langsa: IAIN Langsa.
  8. Ghazali M. Bahri, 2003, Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta: C Prasasti.
  9. Gie The Liang, 1998, Administrasi Perkantoran Modern, Jakarta : Liberty
  10. https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19#cite_note-Gorbalenya-2.
  11. Hasan Sadily dan John M. Echols, Kamus Indonesia-Inggris, (Jakarta : Pustaka Utama, Edisi Ketiga Yang Diperbaharui).
  12. Hayat, Pengajian Yasinan sebagai Strategi Dakwah NU dalam Membangun Mental Dan Karakter Masyarakat, (Uniersitas Malang), Walisongo, Volume 22, Nomor 22, November 2014.
  13. http://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_Covid-19#cite_note-Gorbalenya-2
  14. Idris Marzuki Ahmad, 2015, Ngaji, Kediri : Santri Salaf Pres.
  15. Istadi Irawati, 2016. Membimbing Remaja Dengan Cinta, Yogyakarta: Pro-U Media
  16. J. Moleong Lexi., 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  17. Kahmad Dadang, 2011, Sosiologi Agama: Potret Agama Dalam Dinamika Konflik, Pluralisme dan Modernitas, Bandung : Pustaka Setia.
  18. Kasiram Moh, 2003, Ilmu Jiwa Perkembangan (Bagian Jiwa Anak), Surabaya : Usaha Nasional
  19. Muhammad Syuhud Moh. Saifullah Al Aziz Senali, Kisah Keajaiban Isra’ Mi’raj, (Terbit Terang : Surabaya).
  20. Madjid Nurcholis 2002, Islam Kemoderman dan Ke Indonesiaan, Bandung: Mirzan.
  21. Moleong, 2002, Metode Penelitian, Bandung: PT Remaja Karya.
  22. Narkubo Cholid ,2013 Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Bumi Aksara.
  23. Nurul Maisyaroh, 2009. Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Keagamaan Terhadap Pengamalan Keagamaan Siswa Kelas VIII Mtsn Bantul Kota Tahun Ajaran 2008/2009.
  24. Nasori Muhammad 2002, Mengembangkan Kreativitas Dalam Perspektif Psikologi, Yogyakarta : Menara Kudus