Main Article Content
Abstract
Perpustakaan merupakan sentral sebuah pendidikan, perpustakaan di perguruan tinggi khususnya memiliki peranan penting yaitu diantaranya dapat menunjang pengembangan keilmuan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan perpustakaan Iaian Langsa. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket melalui Google Form dan dokumentasi. Teknik analaisis data dalam penelitian ini menggunakan sttaistik deskriptif yang bertujuan untuk melihat persentase hasil respon mahasiswa terhadap kualitas pelayanan perpustakaan. Data yang diperoleh dari penelitian ini diolah menggunakan software IBM SPSS Version 17 untuk melihat persentase dari setiap komponen kualitas pelayanan. Penelitian ini hanya fokus kepada tiga bidang pelayanan, yaitu pelayanan sirkulasi, pelayanan referensi, dan pelayanan ruang baca. Hasil penelitian dari setiap pelayanan meliputi beberapa komponen di dalamnya : (1) pelayanan sirkulasi, komponennya terdiri dari : tangible, masuk dalam kategori sangat baik dengan hasil persentase (86.7%); reliability, masuk dalam kategori sangat baik dengan hasil persentase (75.0%); responsiveness, masuk dalam kategori sangat baik dengan hasil persentase (78.3%); assurance, masuk dalam kategori baik dengan hasil persentase (56.7%); dan emphaty, masuk dalam kategori baik dengan hasil persentase (58.3%). (2) pelayanan referensi, komponennya terdiri dari : tangible, masuk dalam kategori sangat baik dengan hasil persentase (76.7%); reliability, masuk dalam kategori baik dengan hasil persentase (48.3%); responsiviness, masuk dalam kategori baik dengan hasil persentase (61.7%); assurance, masuk dalam kategori baik dengan hasil persentase (48.3%); dan emphaty, masuk dalam kategori baik dengan hasil persentase (60.0%). (3) pelayanan ruang baca, komponennya terdiri dari : tangible, masuk dalam kategori sangat baik dengan hasil persentase (80.0%); reliability, masuk dalam kategori sangat baik dengan hasil persentase (100.0%); responsiveness, masuk dalam kategori baik dengan hasil persentase (63.3%); assurance, masuk dalam kategori sangat baik dengan hasil persentase (100.0%); dan emphaty, masuk dalam kategori sedang dengan hasil persentase (50.0%).
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Chandra, Wijaya. 2017. Perilaku Organisasi. Medan : LPPPI.
- Choiriyah. 2017. Judul “ Persepsi Pemustaka Terhadap Pustakawan Dalam Pelayanan Referensi Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kaljiga Yogyakarta, JurnalPublis,Vol 1(2).
- Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.
- Intan Puspita. 2019. Judul “ Persepsi Mahasiswa FEBI IAIN Bengkulu Terhadap Pelayanan Perpustakaan Dalam Persperktif Ekonomi Islam “, Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Bengkulu.
- Irmawati Azis. 2014. judul “ Persepsi Pengguna Terhadap Layanan Perpustakaan STANâ€, Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN SYARIF HIDAYATULLAH Jakarta.
- Mulyana. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta : Rosdakarya.
- Mutdjito. 1994. Pembinaan Minat Baca. Jakarta : Universitas Terbuka.
- Pawit M Yusuf. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.
- Qalyubi. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta :Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakuktas Adab UIN Sunan Kalijaga.
- Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi Jilid I. Jakarta : Indeks
- Gramedia.
- Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
- Suharsimi, Arikunto. 2015. Prosedur-Prosedur Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara