Main Article Content

Abstract

Tujuan daripenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanatingkatmotivasikerja guru dan sikapinovatif di MAN InsanCendikia Aceh timur. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptif. Data dikumpulkanmelaluiwawancara, observasi, dan dokumentasi. Subject penelitianiniadalah guru fiqh dan Kepalasekolah. Guru merupakan salah satufaktorpenting yang harusdiperhatikan oleh pihaksekolah  dalamrangkamencapaitujuanpembelajaran. Berdasarkan data, banyakpendidik yang tidakprofesionalketikamenjalankantanggungjawabnya. Anggapanbahwamengajarhanyalahsekedarmentrasferpengetahuankepada murid. Pemikirin yang demikianakanmenjadiancaman yang sangat mengkhawatirkandalam dunia pendidikan di Indonesia. Sehinggabanyak guru yang tidakmenunjukkanetoskerja yang maksimaldalamtugasnya. Misalnya: pembelajaran yang statis dan terkesanmonotone, kurangnyakeuletandalammelaksanakantugas dan tanggungjawabnya. Kurangnyamotivasi guru dalammengajarmenjadikansiswacepatbosandalambelajar. Karena tidakadainisiatifuntukmelakukanhalbaru yang unik demi membangkitkansemangatbelajarsiswa. Kurangnyamotivasi guru dalammengajarberkaitandengantidakadanyasikapinovatifdalamdiri guru tersebut. Hasil penelitianmenyimpulkanbahwapengajar MAN Cendikia Aceh Timur memilikimotivasicukuptinggi, mulaidaripengaruhlingkunganataupunadanyaintensif, pujian dan juga perhatian.

Keywords

Motivasi Kerja Sikap Inovatif Guru Fiqih

Article Details

How to Cite
Basri, B. (2023). Motivasi Kerja dan Sikap Inovatif Guru Fiqh di MAN Insan Cendekia Aceh Timur. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 14-35. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v10i1.6011

References

  1. Adiwilaga, Rendy, ‘Rendy Adiwilaga, “Ketuhanan Pancasila Dan Ketuhanan Islamisme: Sebuah Tinjauan Teoritis’, Jisipol, 4.2 (2020)
  2. Alziyadat, Naser, and Habib Ahmed, ‘Ethical Decision-Making in Islamic Financial Institutions in Light of Maqasid Al-Sharia : A Conceptual Framework’, Thunderbird International Business Review, 61.5 (2019), 707–18
  3. Anwar, Rosyida Nurul, and Siti Muhayati, ‘Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12.1 (2021)
  4. Arianti, Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Di Desa Gale-Gale Kecamatan Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tenggah, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Ambon, 2019
  5. Endi Putro, ‘Aplikasi Sistem Penyusunan Borang Akreditasi Program Studi (BUKU III-A)’, Jurnal Tehnik Dan Ilmu Komputer, 3.9 (2014)
  6. F Y Khosmas, and Ika Rahmatika Chalimi, Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Sejarah Kelas Xii Di Madrasah Aliyah Hidayatus Shibyan, 2020
  7. Firdaus, Firdaus, Sulfasyah Sulfasyah, and Hanis Nur, ‘Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil’, Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6.1 (2019), 33–43
  8. Gaudeanus, Kalistus, Titus Indrajaya, and Amri Piguno, ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Penelitian Pada PT. Arya Meika Trans Jakarta)’, Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 9.2 (2019)
  9. Gunawan, Belinda, ‘Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia Dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia’, Jurnal HAM, 11.3 (2020), 387
  10. Inayah, Firda, ‘ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN: PRINSIP UMUM DAN RENCANA KERJA - ISMAIL RAJI’ AL-FARUQI’, Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 18.2 (2020), 225
  11. Indah, Astrid Veranita, ‘DISKRIMINASI PENDIDIKAN DI INDONESIA: ANALISIS TEORI DEMOKRASI PENDIDIKAN ISLAM’, Inspiratif Pendidikan, 9.2 (2020), 175
  12. Khadijah, Siti, and Henny Indrawati, ‘Nalisis Minat Peserta Didik Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi’, JIPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 2, 26AD
  13. Muhdyanto, Faqih, Sigit Pranawa, and Okta Hadi Nurcahyono, ‘ANALISIS TEORI OTORITAS MAX WEBER DALAM KEPEMIMPINAN DUKUN ADAT DI MASYARAKAT SUKU TENGGER (Studi Kasus Tentang Kepemimpinan Lokal Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur)’, SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 8.1 (2017)
  14. Muna, Moh. Nailul, ‘MODERATE ISLAM IN LOCAL CULTURE ACCULTURATION: The Strategy of Walisongo’s Islamization’, Islamuna: Jurnal Studi Islam, 7.2 (2020), 166–84
  15. Musanna, Al, ‘Artikulasi Pendidikan Guru Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mempersiapkan Guru Yang Memiliki Kompetensi Budaya’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18.3 (2012), 328–41
  16. Nazwar, Nazwar, ‘Konsep Ketuhanan (T’ien) Dan Relevansinya Dengan Pembentukan Etos Kerja Dalam Ajaran Kong Hu Cu (Konfusius)’, Intizar, 22.2 (2016), 349
  17. Novianti, Mila Candra, and Wiwid Noor Rakhmad, ‘PEREMPUAN DALAM DUNIA KERJA (COPING STRATEGY PEREMPUAN PEKERJA DI TVRI KETIKA MENGALAMI DISKRIMINASI’, Interaksi Online, 8.2 (2020)
  18. Nuryanta, Nanang, ‘REORIENTASI PENDIDIKAN NASIONAL DALAM MENYIAPKAN DAYA SAING BANGSA’, El-Tarbawi, 8.2 (2015), 111–30
  19. Purwanto, Yedi, Qowaid Qowaid, Lisa’diyah Ma’rifataini, and Ridwan Fauzi, ‘Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17.2 (2019)
  20. Qamariah, Ismika Putri, ‘KEBIJAKAN QANUN ACEH TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAYAH’, PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.2 (2020)
  21. Rawan, Prasetya, Logika Dan Prosedur Penelitian: Pengantar Teori Dan Panduan Praktik Penelitian Sosial Bagi Mahasiswa Dan Peneliti Pemula (Jakarta: STIA LAN Press, 2000)
  22. Ria, Indrajaya, and Piguno, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Jakarta: Arya Meika Trans Jakarta)
  23. Rulianto, Rulianto, ‘Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter’, Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4.2 (2019)
  24. Saleh, Sirajuddin, and Muhammad Darwis, ‘PENGARUH TUNJANGAN KINERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAUK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR’, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 5.2 (2016), 121
  25. SUGIYANTO, SUGIYANTO, ANALIUS GIAWA, and MUSOLI MUSOLI, ‘KEPEMIMPINAN BADAN KOORDINASI KEGIATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL VERSUS KONSEP WEWENANG MAX WEBER’, EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 9.1 (2020), 20–34
  26. Suherman, Usep Deden, ‘PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI’, AKSY: Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah, 1.2 (2019)
  27. Syaipudin, Latif, ‘Efektifitas Media Komunikasi Di Tengah Pandemi: Respon Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung’, Kalijaga Journal of Communication, 1.2 (2020), 165–78
  28. Wahyuni, Sri, ‘Character Building Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam: Analisis Penafsiran Surat Abasa 1-10’, Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 18.2 (2021), 127
  29. Zabir, Muzakir, ‘KEBIJAKAN PIMPINAN DALAM MEMOTIVASI KERJA PEGAWAI BAITUL MAL ACEH’, Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 2.1 (2018), 93
  30. Zakiah, Linda, Arita Marini, and Maratun Nafiah, ‘Implementation of Character Education Policies on Online Learning in Elementary Schools’, Jurnal Ad’ministrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9.1 (2022)