Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: efektivitas penggunaan permainan menyambung huruf akhir dalam pembelajaran mufradad di MTs Swasta Terpadu Langsa, dan kemampuan siswa dalam pembelajaran mufradad dengan  menggunakan permainan menyambung huruf akhir dalam pembelajaran mufradad di MTs Swasta Terpadu Langsa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian  ini adalah penelitian eskperimen. Penelitian dilakukan di MTs Swasta Terpadu Langsa . populasi dari penelitian ini meliputi siswa kelas dua di MTs Swasta Terpadu Langsa dengan jumlah siswa 180 orang. karena jumlah kelas lebih banyak maka peneliti mengambil 2 kelas saja.  Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua dengan jumlah siswa 66 orang, Adapun kelas dua  (VIII¹) kelompok experiment dengan jumlah siswa 33 0rang, dan kelas dua (VIII²)  kelompok kontrol dengan jumlah siswa 33 orang, dan peneliti menggunakan: observasi, dan wawancara, dan tes. Setelah peneliti menganalisis data maka peneliti menemukan hasil penelitian yaitu: penggunaan permainan menyambung huruf akhir, dalam pembelajaran mufradad di MTs Swasta Terpadu Langsa efektif, berdasarkan hasil t hitung 5,65 lebih besar dari t tabel 4,04 maka  hipotesis dalam penelitian ini diterima,  dan ini dibuktikan  bahwa permainan ini efektif.  Adapuan kemampuan siswa dalam pembelajaran mufradad dengan  menggunakan permainan menyambung huruf akhir, dalam pembelajaran mufradad di MTs Swasta Terpadu Langsa istimewa, berdasarkan hasil tes:27 siswa mendapat nilai istimewa (81,81%), 2 siswa mendapat nilai baik sekali (6,06%), 3 siswa mendapat nilai baik (9,09%), dan ini dibuktikan dari hasil tes siswa dengan menggunakan permainan menyambung huruf akhir, dalam pembelajaran mufradad di MTs Swasta Terpadu Langsa .

Keywords

permainan menyambung huruf pembelajaran mufradat

Article Details

References

  1. Ali, Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Strategi, Bandung : Angkasa, 1987
  2. Asrari, Imam, 2009, Aneka Permainan Penyegar Pembelajaran Bahasa Arab, Surabaya: Hilal Pustaka.
  3. Arsyad, Azhar Media Pengajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
  4. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Cet. 13 Jakarta: Rineka Cipta, 2006
  5. Bsyiruddin Usman, Anawir Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press, 2002
  6. Faisal, Sanafiah Format-Format Penelitian Social Dasar dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Press, 2001
  7. Hamid, Abdul dkk, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Srategi, Materi, Media, Malang: UIN- MALANG PRESS, 2008
  8. Hadi, Sutrisno Metodologi Research, Jilid IV. Cet. Ke-3, Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi. Universitas Gajah mada,1985
  9. Hamalik, Oemar 2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.Setiadi.
  10. Khairuddin, et all, 2003, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Konsep dan Implementasinya di Madrasah, Yokyakarta, Pilar Media.
  11. Suparman , Statistik Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1990.