Main Article Content

Abstract

 


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui metode yang di gunakan dalam pengajaran bahasa Arab di MAN 1 Aceh Tamiang.Untuk mengetahui bagaimana guru dalam menerapkan metode pengajaran bahasa arab di MaN 1 Aceh Tamiang.Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisisa. adapun instrument penelitian adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi.Adapun hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis yaitu (1) bahwa metode yang di gunakan  oleh guru adalah Metode Tarjamah Metode Membaca,metode eklektik  (2) dan adapun cara guru dalam menerapkan metode pembalajaran bahasa Arab di antaranya: guru  menggunakan metode qawaid wa tarjamah pada pembelajaran maharah qiraah yang mana guru membacakan sebuah teks cerita kemudian guru meminta kepada siswa untuk mengulangi nya kembali masing-masing siswa atau kelompok perparagraf nya.kemudian guru meminta siswa untuk menerjemahkan teks cerita tadi kemudian guru meminta siswa untuk membacakan teks beserta terjemahan dari cerita tadi.guru juga menerjemahkan beberapa kosakata yang terdapat pada teks cerita tersebut kepada siswa agar mereka tidak kesulitan pada saat menerjemahkan teks cerita tersebut.guru juga menggunakan metode qiraah pada pembelajaran maharah istima', yang mana guru menjelaskan sebuah gambar yang terdapat pada materi istimak. kemudian guru meminta kepada siswa untuk mencari kosakata nya sesuai gambar yang ada di buku. setelah selesai guru meminta mereka untuk membacakan mufradat nya sesuai gambar tadi jika salah maka guru akan memberikan mufradat yang benar kepada siswa agar siswa tidak lagi salah mufradat nya. Guru juga menggunakan metode selektivitas. Guru membaca kosakata dan kemudian meminta siswa untuk mengulanginya kembali.Guru juga mengoreksi kesalahan penyebutan kosakata yang di ucapkan siswa dan memberitahukan kepada  siswa mufrada yang benar nya.

Keywords

Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Arab

Article Details

References

  1. د- المراجع
  2. 1- المراجع العربية
  3. حوت الركابي، طرق التدريس اللخة العربية ، (بيروت : دار الفكر، 1996 ) ط 2 9
  4. محمد عطية الأبراشى، الموجه طرق تربية اللخة العربية ( القاهرة : مكتبة النهضة المرصية، 2000 )، ص. 5
  5. عبد الرحمن بن إبراهيم الفوزا ن وزملائه، دروس الدورات التدريبية لمعلم اللغة العربية لغير الناطقين بها ( الجانب النظري )، ( سعودية : مشروع العرابية للجمع )، ص. 26
  6. شوتيبول أمام ، الجوانب الأساسية في دراسة اللغة العربية ، 1 (باندونغ: بت المعارف) ص 9
  7. عبودين ناتا ، فلسفة التربية الإسلامية (جاكرتا: لوجوس واكانا إيلمو ، 1997). 60
  8. حسني عبد الجليل يوسف، علم كتابة اللغة العربية زالأملاء، الأصول- والقواعد- والطرق، الطباعة الأولى، (القاهرة : دار السلام للطباعة والنشر والتوزيع والترجمة : 2007 م)، ص. 242
  9. إبرهيم أنيس : اللغة الغربية القومية والعالمة، مرجع سابق، ص ص 279- 280 إبرهيم محمد عطا : طرق تدريس اللغة الغربية، القاهرة، مكتبة النهضة المصرية، 1990، ص 37
  10. دكتور ذوالهادي، تعليم عناصر اللغة العربية لطلاب الجامعة بإندونيسيا، ص. 166
  11. رجاء وحيد دويدري، نفس المراجع، صز 317
  12. 2- المراجع الإندونسية
  13. Fathul Mujib, Rekontruksi Pendidikan Bahasa Arab, Yogyakarta : PT. Bintang Pustaka Abadi, hlm. 56
  14. Arabiya, Jurnal Bahasa Arab, Vol. 2, 2018
  15. Syaiful Musthofa strategi pembelajaran yang inovatif , UIN Maliki Press ، 2011). 135
  16. Eralingua, Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, Volume 1 no. 2 Agustus, 2017, hlm. 89
  17. Acep Hermawan, Metologi Pembelajaran Bahasa Arab.(Bandung : PT Remaja Rosdakarya), hlm. 167
  18. BisriMustofa & Abdul Hamid, Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, UIN- Maliki Press, 2012
  19. Lutfi,Ardi, Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran, (Malang: CV IRDH, 2020), hlm. 48
  20. Tukiran Taniredja, Model- Model Pembelajaran Inovatif,(Bandung: Alfabeta CV, 2011), hlm. 1
  21. BisriMustofa & Abdul Hamid, Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, UIN- Maliki Press, 2012, hlm. 25
  22. BisriMustofa & Abdul Hamid, Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, UIN- Maliki Press, 2012, hlm. 26
  23. Arabiyatuna, Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab, Vol. 1, No. 2, 2017
  24. Chotibul Umam, Aspek- Aspek Fundamental Dalam Mempelajari Bahasa Arab, 1.( Bandung PT Al- Ma’arif ), hlm. 9
  25. Eralingua, Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, Volume 1 no. 2 Agustus, 2017, hlm. 89
  26. Acep Hermawan, Metologi Pembelajaran Bahasa Arab.(Bandung : PT Remaja Rosdakarya), hlm. 77
  27. Bisri Mustofa & Abdul Hamid, Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, UIN- Maliki Press, 2012, hlm. 42
  28. Bisri Mustofa & Abdul Hamid, Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, UIN- Maliki Press, 2012, hlm. 50
  29. Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung, PT. Alfabeta Bandung ; 2016), hlm. 9
  30. Nyoman Dantes, Metode Penelitian (PT. Andi Yogyakarta, 2012), hlm. 51
  31. Moch. Ainin, Metodelogi Penelitian Bahasa Arab, (Surabaya, Hilal Pustaka, cetakan pertama, 2007), hlm. 67
  32. Moh. Ainin, Metodologi Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab (Teori dan Pratek), (Malang : Penerbit CV Bintang Sejahtera Malang, 2014), hlm. 29
  33. Hamid Patilima, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, hlm. 92-93
  34. Moh. Ainin, Metodelogi Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab (Teori dan Praktek), hlm. 29
  35. Sugiono, Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), hlm. 335