Main Article Content
Abstract
ilahkan Keterampilan berbahasa Arab yang baik merupakan unsur penting agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Seorang guru dapat berbicara kepada siswanya dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar, namun ada siswa yang tidak mampu menjawab bahkan ada yang tidak mengerti. Hal ini menyebabkan munculnya masalah pembelajaran keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan pembelajaran keterampilan berbicara siswa SMA Pondok Quran Hidayaturrahman, serta mengetahui solusi yang ditawarkan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis Miles. dan Huberman, serta pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah: 1. Masalah yang ditemukan dari siswa dibagi menjadi dua jenis, yaitu: Masalah linguistik dan Masalah selain linguistik. a) Masalah linguistik: Kesulitan siswa dalam memahami tata bahasa Arab, dan kesulitan dalam mendapatkan kata yang tepat. b) Masalah selain linguistik: Lingkungan yang tidak mendukung, latar belakang pendidikan dan motivasi siswa yang kurang, waktu belajar yang terbatas, takut salah ketika berbicara bahasa Arab. Solusi yang ditawarkan adalah: Menyelenggarakan berbagai program bahasa: ceramah, pidato, dan menonton film berbahasa Arab. Menyediakan kamus bahasa Arab, memotivasi siswa tentang pentingnya bahasa Arab, memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, memberikan hukuman, menambah sumber daya manusia yang berkualitas, serta memberikan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran.
Keywords
Article Details
References
- Adminfitk. 2020. “Menciptakan Lingkungan Bahasa Arab.†Retrieved May 8, 2021 (https://fitk.uin-malang.ac.id/menciptakan-lingkungan-berbahasa-arab/).
- Arkon, A., Malibary, and Dkk. 1976. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama. Jakarta: Departemen Agama RI.
- Hasan, Nur. 2019. “Betapa Pentingnya Belajar Ilmu Nahwu Dan Sharaf.†Retrieved March 8, 2019 (https://islami.co/betapa-pentingnya-belajar-ilmu-nahwu-dan-sharaf/).
- Moh Ainin. 2014. Metodologi Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Sejahtera.
- Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
- البرجاوي, مولاي المصطÙÙ‰. 2020. “التØÙيز ÙˆØ§Ù„Ø¯Ø§ÙØ¹ÙŠØ© وتطبيق مبادئهما ÙÙŠ الميدان التربوي.†Alukah.Net.
- الصغير, إبراهيم بشير. 2020. “دور المعلم تجاه العقاب وأثره على سلوك الطالب.†جامعة الزاوية, قطر.
- Ø§Ù„ÙØ§Ø¹ÙˆØ±ÙŠ, عوني. 2003. تعليم اللغة العربية ومشكلاتها. المجلة دراسات العلوم الإنسانة والإجتماعية.
- سلامة, Ù…ØÙ…د Ø£ØÙ…د. 1992. “اتجاهات المعلمين Ù†ØÙˆ استخدام العقاب.†جامعة قطر.
- مدكور, علي Ø£ØÙ…د. 2002. تدريس Ùنون اللغة العربية. القاهرة: دار الÙكر العربي.
- يولياني, مشيطة. 2020. “صعوبات تعليم اللغة العربية ÙˆØÙ„ها بالمدرسة الابتدائية الØÙƒÙˆÙ…ية الرابعة واى Ø¬ÙØ§Ø±Ø§ لامبونج الشرقية للعام الدراسي.â€