FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KOTA LANGSA

  • Khairul Muna IAIN Langsa
  • Khairatun Hisan
  • Fahriansah
Keywords: Koneksi, Merek, Minat Berwirausaha, Promosi

Abstract

Salah satu sektor yang menunjang perekonomian di Indonesia berasal dari sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Namun demikian, walau pun minat wirausaha, koneksi, merek dan promosi telah di jalankan dengan sangat baik, apabila tidak ada kreativitas maka usaha tidak akan berkembang dan bahkan gulung tikar. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari minat wirausaha, Koneksi, Merek dan Promosi terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan dikumpulkan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Industri UMKM Tahun 2018 berjumlah 271 pelaku usaha yang kemudian dijadikan sampel berjumlah 83 pelaku usaha. Alat analisisi data yang digunakan adalah metode asumsi klasik dengen analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Minat Berwirausaha berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha. (2) Koneksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha (3) Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. (4) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,529 yang berarti bahwa 52,9% variasi nilai keberhasilan usaha yang ditentukan oleh empat variabel yang berpengaruh terhadap keberhasilan usaha yaitu minat berwirausaha, koneksi, merek, dan promosi. Sedangkan sisanya (100% - 52,9% = 47,1%) dipengaruhi oleh variabel bebas yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-07