Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dan observasi peneliti di MTsN 3 Agam, kurangnya motivasi belajar siswa, hal ini dilihat dari kehadiran siswa dan partisipasi siswa dalam belajar. Kemudian rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, hal ini dilihat dari nilai ulangan tengah semester 2 pada pelajaran matematika. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya rendahnya motivasi belajar matematika siswa terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian Expost Facto. Populasi penelitian adalah kelas VIII MTsN 3 Agam Tahun Pelajaran 2018/2019 dan sampel penelitian diambil secara random sampling yang terdiri dari 34 orang siswa yang diambil dari total populasi yang berjumlah 168 orang siswa. Penelitian menggunakan uji Z. Uji Z digunakan untuk mencari uji kebermaknaan regresi. Persamaan regresi sederhana untuk motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika adalah Y = 0,05 + 0,29X dengan korelasi 0,68 dan KD sebesar 48,78%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 5,80 > 1,96 . Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Kelas VIII MTsN 3 Agam Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: pengaruh, motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)