Main Article Content

Abstract

Kemampuan berfikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dibutuhkan mahasiswa untuk memahami konsep, menerapkan, mensintesis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh sebagai proses penggunaan keterampilan berpikir secara aktif dan rasional sehingga setiap dalam mengambil keputusan dilakukan atas tindakan yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode improve terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa pada mata kuliah matematika diskrit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berfikir kritis matematis berbentuk uraian dengan empat indikator. Analisis data menggunakan uji-t, dengan taraf sifnifikan  = 0,05 diperoleh thitung = 4,10 dan ttabel = 2,012 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode improve terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa

Keywords

PENGARUH METODE IMPROVE KRITIS MATEMATIS MAHASISWA

Article Details

How to Cite
Zaiyar, M. (2020). PENGARUH METODE IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 7-13. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1751

References

  1. Azizmalayeri, K., Mirshahjafari, E., Sharif, M., Asgari, M., & Omidi, M. (2012). The impact of guided inquiry methods of teaching on the critical thinking of high school students. 3(10), 42–48.
  2. Hunter, D. A. (2009). A practical guide to critical thinking : deciding what to do and believe. Philosophy, 258. https://doi.org/10.1002/9781118839751
  3. Jeremy Kilpatrick, Jane Swafford, B. F. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics Jeremy. Society, II(6), 790.
  4. Liberna, H. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif, 2(3), 234854. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i3.101
  5. Marzuki, Asih, E. C. M., & Wahyudin. (2019). Creative thinking ability based on learning styles reviewed from mathematical communication skills. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012066
  6. Mujib, Z. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Pembelajaran Improve. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(2), 167–180. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.31
  7. Tan, S. Y., & Halili, S. H. (2015). Effective Teaching of Higher-Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(2), 41–47.
  8. Zaiyar, M., & Rusmar, I. (2020). Students ’ Creative Thinking Skill in Solving Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Problems. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan MatematikaJurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 111–120.