Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir intuitif mahasiswa dalam penyelesaian masalah matematika. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian sebanyak 3 mahasiswa masing-masing kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Namun dalam prosesnya hanya dua mahasiswa yang dapat dianalisis jawabannya. Yaitu mahasiswa berkemampuan sedang dan tinggi. Metode pengambilan data menggunakan tes dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif melalui reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berkemampuan sedang (IM) menggunakan kemampuan berfikir intuitif antisipatori dalam menyelesaikan soal teori peluang nomor 2, sedangkan soal nomor 1 dan 3 IM menyelesaikannya secara formal namun terdapat kesalahan. Mahasiswa dengan kemampuan tinggi (DC) berhasil menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 secara formal dengan baik dan benar. Untuk soal nomor 3 DC menggunakan kemampuan berfikir intuitif antisipatori.
Kata kunci: Kemampuan Berfikir Intuitif, Kemampuan Matematika.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Fauzi, Galuh dan Ismail. (2018). Analisis Penggunaan Intuisi pada Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika E-ISSN 2301-9085, 7 (3), 2018. 644-650.
- Mohamad Gilar Jatisunda, Dede Salim Nahdi. (2019). Peran Matematical Intuition dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah, Kuningan. 5(2), 12-22.
- Ermawan, M. T. S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Intuitif Matematis Siswa dengan Self Efficacy Tinggi. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 33. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.4578
- Muniri, M. (2018). Peran Berpikir Intuitif dan Analitis dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 9–22. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.9-22
- Nazariah, N., Marwan, M., & Abidin, Z. (2017). Intuisi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.7561
- Sa’o, S. (2016). Berpikir Intuitif Sebagai Solusi. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 43–56.
- Sukmana, A. (2011). Profil berpikir intuitif matematik. Profil Berpikir Intuitif Matematik, 1–55. http://journal.unpar.ac.id/index.php/rekayasa/article/download/105/92
- Susilawati, E., Syaf, A. H., & Susilawati, W. (2017). Pendekatan Eksplorasi Berbasis Intuisi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Analisa, 3(2), 138–147. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2015
- Usodo, B. (2011). Profil Intuisi Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent da Field Independen. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNS 2011, 95–172.
- Usodo, B. (2012). Karakteristik Intuisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah. Aksioma.