Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir intuitif mahasiswa dalam penyelesaian masalah matematika. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian sebanyak 3 mahasiswa masing-masing kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Namun dalam prosesnya hanya dua mahasiswa yang dapat dianalisis jawabannya. Yaitu mahasiswa berkemampuan sedang dan tinggi. Metode pengambilan data menggunakan tes dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif melalui reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berkemampuan sedang (IM) menggunakan kemampuan berfikir intuitif antisipatori dalam menyelesaikan soal teori peluang nomor 2, sedangkan soal nomor 1 dan 3 IM menyelesaikannya secara formal namun terdapat kesalahan. Mahasiswa dengan kemampuan tinggi (DC) berhasil menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 secara formal dengan baik dan benar. Untuk soal nomor 3 DC menggunakan kemampuan berfikir intuitif antisipatori.


Kata kunci: Kemampuan Berfikir Intuitif, Kemampuan Matematika.

Keywords

Kemampuan Berfikir Intuitif, Kemampuan Matematika.

Article Details

How to Cite
Srimuliati, S., & Wahyuni, W. (2020). KEMAMPUAN BERFIKIR INTUITIF MAHASISWA CALON GURU DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 98-109. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2186

References

  1. Fauzi, Galuh dan Ismail. (2018). Analisis Penggunaan Intuisi pada Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika E-ISSN 2301-9085, 7 (3), 2018. 644-650.
  2. Mohamad Gilar Jatisunda, Dede Salim Nahdi. (2019). Peran Matematical Intuition dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah, Kuningan. 5(2), 12-22.
  3. Ermawan, M. T. S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Intuitif Matematis Siswa dengan Self Efficacy Tinggi. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 33. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.4578
  4. Muniri, M. (2018). Peran Berpikir Intuitif dan Analitis dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 9–22. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.9-22
  5. Nazariah, N., Marwan, M., & Abidin, Z. (2017). Intuisi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.7561
  6. Sa’o, S. (2016). Berpikir Intuitif Sebagai Solusi. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 43–56.
  7. Sukmana, A. (2011). Profil berpikir intuitif matematik. Profil Berpikir Intuitif Matematik, 1–55. http://journal.unpar.ac.id/index.php/rekayasa/article/download/105/92
  8. Susilawati, E., Syaf, A. H., & Susilawati, W. (2017). Pendekatan Eksplorasi Berbasis Intuisi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Analisa, 3(2), 138–147. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2015
  9. Usodo, B. (2011). Profil Intuisi Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent da Field Independen. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNS 2011, 95–172.
  10. Usodo, B. (2012). Karakteristik Intuisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah. Aksioma.