Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Langsa berdasarkan kriteria penilaian pada Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Pendekatan yang digunakan adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), dengan fokus pada 9 (sembilan) komponen Krieteria Akreditasi LAMDIK yang meliputi 1) Visi dan Tujuan Program Studi, 2) Tata Pamong-Tata Kelola dan kepemimpinan, 3) Mahasiswa, 4) Dosen dan tenaga Kependidikan, 5) Keuangan, Sarana dan Prasarana, 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian Kepada Masyarakat, serta 9) Luaran dan Capaian Tridharma. Data dikumpulkan melalui wawancara, analisis dokumen, dan observasi langsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Langsa memiliki sejumlah kekuatan, seperti dosen yang berkualifikasi baik dan inovasi dalam kurikulum berbasis teknologi. Namun, ditemukan pula beberapa kelemahan, seperti keterbatasan sarana laboratorium dan minimnya jumlah Penelitian dan PkM Dosen yang dananya bersumber dari Luar Negeri. Peluang untuk pengembangan meliputi dukungan kebijakan nasional terhadap pendidikan matematika dan kemitraan dengan institusi luar negeri, sementara ancaman meliputi persaingan antarlembaga dan perubahan kebijakan akreditasi. Berdasarkan temuan tersebut, disusun strategi pengembangan berupa peningkatan kapasitas dosen melalui pelatihan, penguatan jaringan kerjasama, optimalisasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran, serta peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing program studi dan memastikan tercapainya akreditasi unggul pada LAMDIK.

Keywords

Strategi Pengembangan, Pendidikan Matematika, Akreditasi Unggul, LAMDIK, Analisis SWOT

Article Details

How to Cite
Faisal, F., Anggreni, F., Srimuliati, S., Parabbi Afriza, C., & Al-Fariq Azhar, M. (2024). Strategi Pengembangan Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Langsa Berdasarkan Kriteria Penilaian Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 8(2), 218-223. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v8i2.10524

References

  1. Perbanpt No 10 (Issue 4). (2021). Perbanpt No 10 Tahun 2021, 1-35 . Jakarta
  2. Permendikbudridtek No 53. (2023). Permendikbudridtek No 53 Tahun. 2023, 69(555), 1–53. Jakarta

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>