Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika terhadap kemandirian belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas XI SMA Negeri 1 Kuala. Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan istrumen penelitian berupa lembar angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas  XI MIA 1 dan XI MIA 3 SMA Negeri 1 Kuala dengan jumlah siswa 39 orang. Setelah diadakan penelitian data hasil angket berupa data ordinal diubah kedalam data interval dengan menggunakan method of successive interval (MSI). Hasil analisis uji normalitas sig 0.566 > 0.05  (berdistribusi normal). Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai sig sebesar 0,000 < a (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika terhadap kemandirian belajar siswa pada masa pandemic covid-19 di kelas XI SMA Negeri 1 Kuala

Keywords

Covid-19, kemandirian belajar siswa, Pembelajaran matematika

Article Details

How to Cite
Wahyuni, R., & Harfad, H. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALA . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 77-82. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2224

References

  1. Ahmadi & Supriyono. 2012. Metode Research, Bandung: Alfabeta.
  2. Anisya, Ninda. 2020. Dampak Covid-19 Indonesia Alami Krisis Pendidikan pada Anak-Anak. popmama.com/big-kid/10-12-years-old/ninda/4. Diakses pada 17 Juli 2020
  3. Ardianto. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. https://www.djkn.kemenkeu.go.id. Artikel. Diakses pada 10 Desember 2020
  4. Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
  5. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
  6. Gunarto. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press
  7. Hendrik, Patma. 2018. Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/viewFile/11384/7139. Diakses 30 Juli 2020
  8. Mulyana. Aina. 2020. Pengertian Kemandirian Belajar Siswa Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. https://ainamulyana.blogspot.com/pengertian-kemandirian-belajar-dan.html. Diakses tanggal 1 Oktober 2020
  9. Nuryana, Agusnana. 2020. Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19. Bandung. Studi Pustaka dan Observasi Online
  10. Patriana, Pradnya. 2007. Hubungan Antara Kemandirian Dengan Motivasi Bekerja. Sebagai Pengajar Les Privat Pada Mahasiswa Di Semarang. Jurnal
  11. Prayuda, Reza. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sungai Kunyit.(Online).http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/6645/pdf. Diakses pada 27 Juli 2020
  12. Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2006. Metode Penelitian Survei (Editor). LP3ES, Jakarta.
  13. Sumarmo, Utari.(2010). Kemandirian belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Tersedia http://math.sps.upi.edu/?p=61. (Diakses 21 Juli 2020).
  14. Supriyanto, Helmi. 2020. Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid -19. (Online). https://www.harianbhirawa.co.id/. Diakses 21 Juli 2020
  15. Wahyuni, Rahmi. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Blended Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. (Online). https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/1365. Diakses pada 20 Juli 2020