Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan konsep pecahan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel dalam penelitian yang berjumlah 7 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil analisis deskriptif data penelitian, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik  secara umum berada pada kriteria baik dengan rata-rata nilai 71, dengan frekuensi 4 peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kriteria sangat baik, 1 peserta didik dengan kriteria baik, 2 peserta didik dengan kriteria kurang sekali serta pada kriteria cukup dan kurang tidak ada. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa indikator pemecahan masalah yang dominan adalah indikator 2, dimana indikator ini merupakan indikator tertinggi yang dicapai peserta didik dalam pemecahan masalah matematika yang berkaitan dengan konsep pecahan.

Keywords

kemampuan pemecahan Masalah, konsep pecahan

Article Details

How to Cite
Hazuar, H., & Ramadhani, N. (2022). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Berkaitan dengan Konsep Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 24-31. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4001

References

  1. Abi Abdallah, Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan dan Operasinya dengan Pendekatan Pembelajaran Student Centered dan Media Cetak Gambar, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012. Diakses pada tanggal: 9 Februari 2020
  2. Asbiallah, Analisis Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII MTs Badrussalam NW Sekarbela Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan, 2018. Diakses pada tanggal: 20 Oktober 2019
  3. Fadillah Nur, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dengan Strategi Pembelajaran Barbasis Masalah Kelas X Man Lima Puluh Sumatera Utara, 2018. Diakses pada tanggal: 08 Januari 2020
  4. Fauziatul Adawiyah, Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pecahan Kelas IV SD, Universitas Pendidikan Indonesia, 2015. Diakses pada tanggal: 7 Januari 2020
  5. Ghaida Awaliyah, Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Se-gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, Semarang, 2015. Diakses pada tanggal: 19 Oktober 2019
  6. Irawan Yogi, Profil Penyelesaian Soal Cerita Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas VII SMP, Universitas Tnjungpura, Tanjungpura, 2011. Diakses pada tanggal: 20 Oktober 2020
  7. Ramadhani Sendi, Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012. Diakses pada tanggal: 19 Oktober 2019
  8. Saputri, R.A, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Pecahan Ditinjau dari Aspek Merencanakan Polya. Jurnal cendekia: Volume 3 No 1 Tahun 2019. Diakses pada tanggal 19 Februari 2020
  9. Setia Budi, Matematika Sebagai Pemecahan Masalah, Bandung, 2010. Diakses pada tanggal: 18 November 2019
  10. Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: Rosda Karya, 2011. Diakses pada tanggal: 18 November 2019