Main Article Content

Abstract

Model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) adalah pembelajaran yang mengutamakan kebermaknaan belajar dan efektifivitas dengan cara membuat kerangka kerja-aktivitas secara konseptual kognitif-konstruktivis . Salah satu keunggulan model ini adalah adanya struktur yang jelas dan memungkinkan siswa untuk berbagi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur, selain itu siswa juga bisa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan memiliki banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasiAdapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari  Model Pembelajaran Cooperatif Meaningful Instructional Design (C-MID) Terhadap hasil belajar siswa di MTsN Langsa.  Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Desain Randomized Control Group Pretest-posttest dengan menggunakan pembagian dua kelompok penelitian yaitu kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan pembelajaran  Cooperative Meaning Instructional Design (C -MID) dan kelompok penelitian kontrol tanpa menggunakan pembelajaran Cooperative Meaning Instructional Design (C-MID ). sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik undian yaitu dengan membuat gulungan kertas yang berisi semua populasi dari semua kelas VII, kemudian diambil dua gulungan kertas, gulungan kertas yang pertama sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII.5 dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas VII.6. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Berdasarkan hasil hipotesis diperoleh thitung = 2,36 dan  ttabel = 1,67, dan ini berarti thitung ≥ ttabel ; sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima; yaitu ada Pengaruh  Cooperatif Meaningful Instructional Design (C- MID) Terhadap hasil belajar siswa di MTsN Langsa

Keywords

Meaningful Instructional Design (MID) Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Rosita, R. (2019). PENGARUH COOPERATIVE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN LANGSA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 2(2), 13-40. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v2i2.796