Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Meaningful Intructional Design (MID) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Manyak Payed. pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian desain randomized control group pretest-posttest dengan menggunakan dua kelompok penelitian. Kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran MID dan penelitian kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran MID. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Manyak Payed yang terdiri dari 5 (lima) kelas bejumlah 146 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik undian yaitu dengan membuat gulungan kertas yang berisi semua populasi dari semua kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas, kemudian diambil dua gulungan kertas, gulungan kertas yang pertama sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas VIII C dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian terstruktur terdiri dari 5 butir soal yang telah divalidasi oleh siswa kelas IX B. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dan pada taraf signifikan sehingga dapat diperoleh yaitu dan dinyatakan ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas dari model pembelajaran meaningful intrutional design (MID) terhadap hasil belajar matematika siswa VIII MTs Negeri Manyak Payed.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)