Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi profil HOTS mahasiswa dalam menyelesaikan masalah geometri analitik ditinjau dari tingkat berpikir geometri van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian berupa wawancara, dokumentasi, dan tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu tes kemampuan van Hiele dan tes kemampuan penyelesaian masalah persamaan garis. Penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penyelesaian masalah dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah geometri yang dialami partisipan berbeda-beda dalam setiap tingkatan berpikir geometri yang mereka capai. Kesulitan dalam menyelesaikan masalah persamaan garis yang dialami partisipan dengan tingkat berpikir geometri rendah lebih banyak dibandingkan dengan kesulitan yang dialami partisipan dengan tingkat berpikir geometri yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri yang dicapai partisipan merupakan indikator yang baik untuk menunjukkan keterampilan mereka dalam menyelesaikan permasalahan matematika secara umum dan geometri pada khususnya.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Aminah, S., & Rohayati, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS GEOMETRI BERDASARKAN PRESTASI BELAJAR. 21.
- Aydogdu, M. Z., & Kesan, C. (2014). A RESEARCH ON GEOMETRY PROBLEM SOLVING
- STRATEGIES USED. Journal of Educational and Instructional Studies in The World, 4(February), 53–62.
- Fatmawati, I., & Sumadi, S. (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 1 KABUPATEN SORONG KELAS IX DALAM MENGERJAKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER.
- Hendroanto, A., Fitriyani, H., Anggoro, R. P., & Dahlan, U. A. (2019). LEVEL BERPIKIR VAN HIELE DAN KEMAMPUAN SPASIAL: APAKAH PENGARUHNYA TERHADAP KETRAMPILAN HOTS MAHASISWA? Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–6.
- Imswatama, A., & Nur’aini Muhassanah, D. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Lingkaran. In Suska Journal of Mathematics Education (Vol. 2, Issue 1).
- Karimah, R. Profil Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Level Van Hiele Dan Jenis Kelamin (Doctoral dissertation, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER).
- Karimah, R., & Fuad, Y. (2018). STUDENTS’ HIGHER-ORDER THINKING SKILLS IN SOLVING GEOMETRY PROBLEM BASED ON ADVERSITY QUOTIENT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(7).
- Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom ’ s Taxonomy. Theory into Practice, 41(4), 212–219.
- Mahfuddin, M., & Caswita, C. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL BERBASIS HIGH ORDER THINKING DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1696. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3874
- Mason, M. (2009). The van Hiele levels of geometric understanding. ColeccioÌn Digital Eudoxus, 1(2).
- OECD. (2015). PISA 2015 DRAFT MATHEMATICS FRAMEWORK
- Sudihartinih, E. (2021). LEVEL BERPIKIR GEOMETRI DAN EFIKASI DIRI MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL VAN HIELE BERBANTUAN ICT (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
- Sulistiowati, D. L., Herman, T., & Jupri, A. (2019, February). Student difficulties in solving geometry problem based on Van Hiele thinking level. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 4, p. 042118). IOP Publishing.
- Sulistyorini, Y., Napfiah, S., Yazidah, N. I., Argarini, D. F., & Listiani, W. (2020). Profil Higher Order Thinking Skills Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Geometri. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 87–97. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.87-97
- Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry, CDASSG Projec.