Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis learning obstacle pada topik operasi pembagian bilangan bulat yang ditinjau dari literasi matematis PISA 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan kerangka penelitian desain didaktis (didactical design research), yang terfokus pada learning obstacle. Instrumen untuk mengkaji learning obstacle didesain berdasarkan literasi matematis PISA 2021. Partisipan penelitian ini adalah satu siswa kelas VIII di salah satu SMP di Cicalengka, satu siswa kelas IX di salah satu SMP di Bandung, tiga siswa kelas XII di salah satu MA di Bandung dan satu siswa kelas VIII di salah satu SMP di Bogor. Data  dikumpulkan  melalui  tes  tulis dan  wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima jenis learning obstacle yaitu koneksi konsep operasi pembagian bilangan bulat dengan kehidupan sehari-hari, konsep jarak terkait aplikasi dari titik ke titik, tidak tahu apa yang harus dikerjakan, keterkaitan antara soal dengan kehidupan sehari-hari, dan konteks sosial terkait untung/rugi pada nilai tukar.

Keywords

Learning Obstacle, Didactical Design Research, Operasi pada Bilangan Bulat, Pembelajaran Matematika, Penelitian Kualitatif

Article Details

Author Biographies

Mar'atun Solihah, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Matematika

Encum Sumiaty, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Matematika

Eyus Sudihartinih, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Matematika

How to Cite
Solihah, M., Encum Sumiaty, & Eyus Sudihartinih. (2022). Kajian Learning Obstacle pada Topik Operasi Pembagian Bilangan Bulat Ditinjau dari Literasi Matematis oleh PISA 2021. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 111-121. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4700

References

  1. Aprilia, D., Praja, E. S., & Subali Noto, D. M. (2018). Desain Bahan Ajar Lingkaran Berbasis Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).
  2. Dedy, E., & Sumiaty, E. (2017). Desain Didaktis Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Learning Obstacle dan Learning Trajectory. JRPM, 2(1), 69–80. http://jrpm.uinsby.ac.id
  3. Fauzi, I., & Suryadi, D. (2020). The Analysis of Students’ Learning Obstacles on the Fraction Addition Material for Five Graders of Elementary Schools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 33. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6020
  4. Fuadiah, N. F. (2017). HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN BILANGAN NEGATIF BERDASARKAN TEORI SITUASI DIDAKTIS DI SEKOLAH MENENGAH. Jurnal“Mosharafa,” 6(1), 13–24. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa
  5. Istiqomah, D. N. (2015). Learning Obstacles terkait Kemampuan Problem Solving pada Konsep Fungsi Matematika SMP.
  6. Lestari, N., Sugiatno, & Hartoyo. (2020). ANTISIPASI DIDAKTIS BERSTRUKTUR KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR SISWA DALAM MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(1).
  7. Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
  8. Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
  9. Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356
  10. Nopriana, T., Dwi Rosita, C., & Rosita, I. (2018). Desain Didaktis Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Matematika SMP. Prosiding SNMPM II, 310–319.
  11. OECD. (2018). PISA 2021 MATHEMATICS FRAMEWORK (SECOND DRAFT).
  12. Pratiwi, N. F., & Masturoh, O. M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Matematika Siswa. In S. W. Priwantoro, F. Setyawan, U. Khasanah, & D. Astuti (Eds.), Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Matematika)sional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi (Antologi (pp. 60–67). UAD Press (Anggota IKAPI dan APPTI).
  13. Rismawati, Y., Nurlitasari, L., Kadarisma, G., Rohaeti, E. E., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2018). ANALISIS KARAKTERISTIK LEARNING OBSTACLE SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR. JPMI, 1(2). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.93-218
  14. Rohmah, S. K. (2019). ANALISIS LEARNING OBSTACLES SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 13–24. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad
  15. Sawitri, Z. A., & Fuadiah, N. F. (2020). ANALISIS LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME LIMAS. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 16–25.
  16. Setiawan, R. (2021). KETERLEKATAN INTERNET DALAM AKTIVITAS KESEHARIAN DAN PENDIDIKAN GENERASI MILENIAL. Jurnal Sosioteknologi, 20(1), 66–79. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2021.20.1.7
  17. Sidik, G. S., Suryadi, Di., & Turmudi. (2021). Learning Obstacle of Addition Operation Whole Number in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012070
  18. Subroto, T., & Suryadi, D. (2018). Epistemological obstacles in mathematical abstraction on abstract algebra. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012032
  19. Suganda, A. (2019). Pentingnya Bilangan Bulat : Suplemen Belajar Mandiri Siswa SMP/MTS Kurikulum 2013. Deepublish (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).
  20. Suryadi, D., Dewi, D. A. K., & Sumiaty, E. (2018). Backward Thinking dalam Merancang Desain Didaktis. https://www.researchgate.net/publication/325539126