Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik yang gemar bermain game dan pembelajaran berbasis smartphone. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kevalidan dan kepraktisan aplikasi pembelajaran Construct 2 pada materi kesebangunan sesuai Kurikulum Merdeka.


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pleret. Aplikasi pembelajaran yang dikembangkan untuk materi kesebangunan kelas VIII dan disertai soal pembelajaran berbentuk pilihan ganda yang disajikan dalam game.   Metode pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, dokumentasi dan instrumen angket.


Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Langkah-langkah dalam mengembangkan aplikasi pada penelitian ini nya adalah Analysis (Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). (2) Aplikasi dinilai sangat valid dari segi materi dan media dengan rata-rata 89,76% oleh ahli materi dan rata-rata sebesar 91,96% sehingga media dinyatakan layak. (3) Aplikasi dinilai sangat praktis baik dari uji kelas kecil maupun besar dengan rata-rata nilai 93,10% sehingga media dinyatakan layak. Penelitian hanya terbatas pada uji kelayakan media.

Article Details

How to Cite
Fahmi, S., Tiara Assyifa, Z., & Widyanesti P, S. (2024). Aplikasi Pembelajaran dengan Construct 2 pada Materi Kesebangunan sesuai Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 8(2), 140-152. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v8i2.8467

References

  1. Arisandy, D., Marzal, J., & Maison, M. (2021). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3038–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.993
  2. Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826
  3. Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Kesebangunan. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Kesebangunan, 12(Knpmp I), 276–285.
  4. Islam, M., & Fahmi, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 624–630.
  5. Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
  6. Marthani, G. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. repository.uksw.edu. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/22848
  7. Muslimin, I. (2023). Pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah berbasis kurikulum merdeka. 5(1), 108–130.
  8. Razad, M. M., Suharti, & Rahman, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berkema (Bermain Kematematikaan) Berbantuan Construct 2 Kelas X MAN Jeneponto. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 659–668. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.659-668
  9. Sahara, R. I. A., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 911–920. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.911-920
  10. Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
  11. Arisandy, D., Marzal, J., & Maison, M. (2021). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3038–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.993
  12. Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826
  13. Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Kesebangunan. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Kesebangunan, 12(Knpmp I), 276–285.
  14. Islam, M., & Fahmi, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 624–630.
  15. Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
  16. Marthani, G. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. repository.uksw.edu. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/22848
  17. Muslimin, I. (2023). Pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah berbasis kurikulum merdeka. 5(1), 108–130.
  18. Razad, M. M., Suharti, & Rahman, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berkema (Bermain Kematematikaan) Berbantuan Construct 2 Kelas X MAN Jeneponto. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 659–668. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.659-668
  19. Sahara, R. I. A., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 911–920. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.911-920
  20. Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'