Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik yang gemar bermain game dan pembelajaran berbasis smartphone. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kevalidan dan kepraktisan aplikasi pembelajaran Construct 2 pada materi kesebangunan sesuai Kurikulum Merdeka.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pleret. Aplikasi pembelajaran yang dikembangkan untuk materi kesebangunan kelas VIII dan disertai soal pembelajaran berbentuk pilihan ganda yang disajikan dalam game. Metode pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, dokumentasi dan instrumen angket.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Langkah-langkah dalam mengembangkan aplikasi pada penelitian ini nya adalah Analysis (Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). (2) Aplikasi dinilai sangat valid dari segi materi dan media dengan rata-rata 89,76% oleh ahli materi dan rata-rata sebesar 91,96% sehingga media dinyatakan layak. (3) Aplikasi dinilai sangat praktis baik dari uji kelas kecil maupun besar dengan rata-rata nilai 93,10% sehingga media dinyatakan layak. Penelitian hanya terbatas pada uji kelayakan media.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Arisandy, D., Marzal, J., & Maison, M. (2021). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3038–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.993
- Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826
- Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Kesebangunan. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Kesebangunan, 12(Knpmp I), 276–285.
- Islam, M., & Fahmi, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 624–630.
- Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
- Marthani, G. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. repository.uksw.edu. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/22848
- Muslimin, I. (2023). Pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah berbasis kurikulum merdeka. 5(1), 108–130.
- Razad, M. M., Suharti, & Rahman, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berkema (Bermain Kematematikaan) Berbantuan Construct 2 Kelas X MAN Jeneponto. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 659–668. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.659-668
- Sahara, R. I. A., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 911–920. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.911-920
- Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
- Arisandy, D., Marzal, J., & Maison, M. (2021). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3038–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.993
- Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826
- Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Kesebangunan. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Kesebangunan, 12(Knpmp I), 276–285.
- Islam, M., & Fahmi, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 624–630.
- Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
- Marthani, G. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Digital “BABADA” pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. repository.uksw.edu. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/22848
- Muslimin, I. (2023). Pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah berbasis kurikulum merdeka. 5(1), 108–130.
- Razad, M. M., Suharti, & Rahman, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berkema (Bermain Kematematikaan) Berbantuan Construct 2 Kelas X MAN Jeneponto. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 659–668. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.659-668
- Sahara, R. I. A., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 911–920. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.911-920
- Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409