Albiiatul Lughawiyah wa Dauruha Fii Tanmiyati Al mahaarati Al Kalam
The linguistic environment and its role in the development of speech skills
Abstract
Lingkungan bahasa dimana tempat seseorang dapat mempelajari Bahasa dengan cepat. Ma’had Khartoum ad-dauly adalah salah Institut pendidikan bahasa Arab yang ada di Khartoum Sudan. Mahasiswa Indonesia seharu-hari baik di ruang belajar, pustaka dan asrama menggunakan bahasa Arab fushah, walaupun penduduknya menggunakan bahasa Arab Ammiyah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran lingkungan bahasa di ma’had Khartoum, sudan dalam mengembangkan keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui Angket, wawancara, observasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Indonesia di ma’had Khartoum Sudan berbagai Tingkat sebanyak 22 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan bahasa ma’had khartoum memberikan peran penting dalam penguasaan mahasiswa Indonesia terhadap bahasa Arab fushah, dan ini dapat mengasah kemampuan dalam keterampilan kalam serta memberikan rasa percaya diri dalam berbahasa Arab Fushah.
References
Adawiyah, Y. R. (t.t.). ???? ??????? ???? ????????? ???????? ?????? ??????????? ??????? ???????? ????? ??? ??????????? ???.????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif. (t.t.).
Busyra Sayyid Muhammad Hasyim. (2011). Daurul Biiah Lughah Tabiiiyah Fii Tanmiyah Qudrah Al lughawiyah.
Fikri, A. I. (2024). Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab ??? ???? ???????? ??????? ???????? ??? ??? ????????? ???????? ???????? ??? ????????? ??????? ????? ?????? ??? ??? (Vol. 3, Nomor 4). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/JPBA????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
Firdaus, M. (2019). Problems in Expressing Arabic Language of Indonesian Students at Khartoum International Institute for Arabic Language. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 2(1), 35–52. https://doi.org/10.22219/jiz.v2i1.7588
Kaharuddin, K. (2019). ??????? ????? ????? ?????? ?? ????? ????? ??????? ??????? ?????? ???????? ?????? ??????? ????????. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), 217–230. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.217-230
Mohammad Makinuddin. (2021). Strategi Pembetukan Bahasa Arab di Pesantren (Maftuh, Ed.). Academia Publication.
Muhammad, O. :, Shidqi, H., & Mudinillah, A. (t.t.). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN BERBAHASA BAGI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI.
Mujadilah, S., & Kholiq Hasan, Moh. A. (2023). Al-B?’ ah Al-Lughawiyyah wa Dauruh? f? Tarqiyah Mah?rah Al-Kal?m f? Ma’had Al-W?q? Al-Isl?my. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 4(2), 296–307. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i2.771
Nasir, Mohd., Mukhlis, & Rahmah, M. (2016). Eksistensi B?ah Lughawiyyah di Dayah Terpadu Al-Muslimun Lhoksukon Aceh Utara. Ihya Al-Arabiyah, 2(1), 117–136.
Nismah, N., Wahab Rosyidi, A., Mufidah, N., & Maulana Malik Ibrahim Malang, U. (t.t.). PERAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN BABUL KHAIRAT PASURUAN.
Ramiza Zuhra, Rahmah, M., & Rahmatunnisak. (2022). Ta?b?q ?ar?qah Two Stay Two Stray Li Tarqiyati Mah?ratil Kal?m. Al Intisyar, 7(1), 57–65. https://doi.org/10.32505/intisyar.v7i1.4394
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
??????? ??????? ? ??????? ? ?????? ???? ??????? ?????? ???? ???????. (1995). ???? ???? ??????? ?????? .
??? ?????? ???? ?????. (2015). ??? ????? ??????. ????? ????? ????.