Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penggunaan permainan kubus struktur dalam pembelajaran kaidah bahasa Arab di MTs Swasta Geudubang Aceh. Dan untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap ketrampilan berbicara di MTs Geudubang Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di MTs Swasta Geudubang Aceh. populasi dari penelitian ini meliputi siswa kelas dua di MTs Swasta Geudubang Aceh dengan jumlah siswa 85 orang. karena jumlah kelas lebih banyak maka peneliti mengambil 1 kelas saja, Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 32 orang, Adapun kelompok experiment dengan jumlah siswa 16 orang, dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 16 orang, dan peneliti menggunakan: observasi, dan wawancara, dan tes. Setelah peneliti menganalisis data maka peneliti menemukan hasil penelitian yaitu: penggunaan permainan kubus struktur pembelajaran kaidah bahasa Arab di MTs Swasta Geudubang Aceh efektif, berdasarkan hasil t hitung 3,87 lebih besar dari t tabel 3,85 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima, dan ini dibuktikan bahwa permainan ini efektif. Adapun kemampuan siswa terhadap ketrampilan berbicara bagus, berdasarkan hasil tes: 2 siswa mendapat nilai istimewa (12,5%), 6 siswa mendapat nilai baik sekali (37,5 %), 8 siswa mendapat nilai baik (50 %), dan ini dibuktikan dari hasil tes siswa dengan menggunakan permainan kubus srtuktur dapat meningkatkan kemampuan siswa terhadap ketrampilan berbicara.
Keywords
Article Details
References
- Ainin, Moch Metodologi Penelitian Bahasa Arab, Pasuruan: Hilal Pustaka, 2007.
- Ali, Penelitian Kependidikan Prosedur Dan Strategi, Bandung : Angkasa, 1987.
- Asrari, Imam, Aneka Permainan Penyegar Pembelajaran Bahasa Arab, Surabaya: Hilal Pustaka, 2009.
- Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Cet. 13 Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
- Faisal, Sanafiah Format-Format Penelitian Social Dasar Dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Press, 2001.
- Hadi, Sutrisno Metodologi Research, Jilid IV. Cet. Ke-3, Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi. Universitas Gajamada,1985.
- Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.Setiadi, 2001.
- Khairuddin, et all, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Konseb Dan Implementasinya di Madrasah, Yokyakarta, Pilar Media, 2003.
- Suparman , Statistik Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1990