Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran untuk menumbuhkan kompetensi berbicara bahasa Arab para santri, melalui program muhadatsah mingguan di Ma'had Bustanul Ulum Kota Langsa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara, dari sumber data penelitian yaitu guru, siswa dan proses pelaksanaan program muhadatsah usbu'iyyah. Temuan dari hasil penelitian adalah keberhasilan program mudatsah mingguan sebagai upaya mengembangkan kemampuan santri dalam berbicara bahasa Arab di Ma'had Bustanul Ulum adalah dengan proses menghafal kosakata dan latihan menggunakannya dalam bermuhadasah dengan pola-pola tertentu, latihan berpidato di depan umum, kemudian menerapkan kegiatan percakapan dan diskusi.

Keywords

al-ḥiwār Wa al-Munāqasyah Barnāmij al-Muḥādaṡah al-Usbū’iyyah

Article Details

References

  1. عبد العزيز إبراهيم العصيلي،2002، طرائق تدريس اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى، الرياض : مكتبة الملك فهد الوطنية
  2. محمد إبراهيم عطا، 1990، طرق تدريس اللغة العربية، بيروت: دار العلم
  3. وحي الدين، ديديه، تطوير طريقة القواعد والترجمة لترجمة كتب التراث، Jurnal Pendidikan Islam, Vol 2 No.1, 2015
  4. أوريل بحر الدين، مشكلات تعليم اللغة العربية بالجامعة مولانا ملك إبرهيم مالانق والحلول والمقترح لها، Jurnal Lingua, Vol 12, No. 1 Juni 2017
  5. Fauzi, Muhammad Ridwan. "Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Syamsul ‘Ulum Sukabumi." Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1.01 2019
  6. Syarifah dan Juriana, Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Al-Islam dan Darul Abror (Antara Tradisional dan Modern), EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, Volume. 6,Nomor 2, Desember 2020, pp 142-169. DOI 10.32923/edugama.v6i2.1411
  7. Lusviyanti, Tiara Ekha, Oyoh Bariah, and Sayan Suryana. "Strategi Mengajar Guru Pesantren dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Al-Fathimiyah Telukjambe Timur." ISLAMIKA 4.3 2022