Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk -bentuk kesalahan pengucapan dalam keterampilan membaca dan mendeskripsikan beberapa faktor yang mempengaruhi kesalahan pengucapan pada siswa kelas 7 SMP Al-Irsyad Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis dari penelitian ini adalah analisis kesalahan. Dan metode yang digunakan untuk mendapatkan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) Macam-macam kesalahan suara dalam keterampilan membaca ada empat bentuk yang pertama kesalahan suara dalam bentuk mengganti huruf ataupun harakat, yang kedua yaitu kesalahan suara dalam bentuk menambahi huruf dalam kalimat, yang ketiga kesalahan suara dalam bentuk intonasi, yang keempat kesalahan suara dalam bentuk penjedaan. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan kebanyakan siswa melakukan kesalahan suara dalam keterampilan membaca yaitu adanya pengaruh dari bahasa pertama, kurangnya kemampuan guru dalam berbicara bahasa arab dengan baik, siswa yang sering merasa gugup dan ragu ketika membaca teks bacaan arab, dan yang terakhir tidak adanya kemauan untuk mempelajari bahasa Arab. 3) solusi-solusi dari kesalahan fonologi dalam membaca teks-teks bahasa arab yaitu guru mampu memberikan contoh dalam membaca teks-teks bahasa arab, memberikan banyak latihan-latihan teks-teks bahasa arab kepada murid-murid, memberikan semangat kepada murid-murid dalam membaca teks-teks bahasa arab secara benar, dan menggunakan metode yang tepat dalam mengajarkan teks-teks bahasa arab


Kata Kunci: Kemampuan membaca, Analisis kesalahan

Keywords

Reading skill Voice Error Analysis Arabic Learning

Article Details

References

  1. مصطفى بن محمد سليم الغلابينى, جامع الدروس العربية, (بيروت: المكتبة العصرية, 1414):ص.7.
  2. عبد الـمجيد سيد أحمد منصور، علم اللغة النفسي، (الرياض: المملكة العربية السعودية، 1982م)، ص: 12.
  3. عبد الرحمن بن إبراهيم الفوزان. إضاعة لـمعلمي اللغة العربية لغير الناطقين بـها، )الرياض: فهرسة مكتبة الـملك فهد الطائية أثناء النشر، 2011 ،)15 ص:88.
  4. عمر الصديق عبد الله. تحليل الأخطاء اللغوية الكتابية لدى طلاب معهد الخرطوم الدولي للغة العربية الناطقين باللغات الأخرى....، ص:9
  5. معلم ويجايا. "تحليل الأخطاء لطلبة قسم تعليم اللغة العربية"، التقابل اللغة وتحليل الأخطاء...، ص:6.
  6. محمود كامل الناقة، تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات الأخرى، (مكة مكرمة: جامعة أم القرى، 1985) ص.23.
  7. Lexy J.Moelong, “Metodologi Peneletian Kuantitatif”, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2018) hal. 10
  8. Wina Sanjaya, “Penelitian Pendidikan”, (Jakarta, Prenada Media Group, 2013), hal.66
  9. S.Margono,Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta,2008), hal.1
  10. Nanik Setyawati, Analisis Kesalahan bahasa Indonesia (Teori dan Praktik), (Surakarta: Yuma Pustaka, 2010), hlm. 15.
  11. Asep M. Tamam, "Program Penyiapan dan Pembinaan Guru Bahasa Arab Profesional di Indonesia", dalam http://journal.uinjkt.ac.id, diakses pada 22 Juni 2022.