Main Article Content

Abstract

Perilaku konsumen yang satu dengan konsumen lainnya pastilah berbeda karena kebutuhan dan era konsumen yang beragam. Para pesaing dituntut harus dapat mempelajari dan memahami kondisi tersebut, mengingat persaingan pasar yang semakin kompetitif, salah satunya adalah Suzuya Kota Langsa. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelaja di Suzuya Kota Langsa dan bagaimana perspektif ekonomi Islam tentang perilaku konsumen dalam berbelaja di Suzuya Kota Langsa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan data yang dikumpulkan berupa wawancara. Sampel pada penelitian ini berjumlah 10 responden.
Alat analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja di Suzuya Kota Langsa adalah faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi, yakni meliputi kelengkapan dan variasi produk yang dijual, diskon yang sering diadakan oleh pihak Suzuya Kota Langsa, pelayanan yang bagus dan ramah, serta harga yang standar dan terjangkau, sesuai dengan produk yang ditawarkan. Perspektif ekonomi Islam tentang perilaku konsumen dalam berbelaja di Suzuya Kota Langsa yaitu sesuai dengan 5 prinsip konsumsi dalam Islam yang meliputi prinsip keadilan, kebersihan, kesederhanaan, murah hati dan moralitas. Para konsumen
berbelanja atas dasar kebutuhan dan keinginan, namun banyak konsumen yang berbelanja atas dasar kebutuhan mereka. Kehalalan suatu produk adalah hal yang paling utama yang harus diperhatikan oleh para konsumen sebelum membeli barang. 

Keywords

Perilaku konsumen Berbelanja Perspektif Ekonomi Islam

Article Details