Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Konsep Teorema Pythagoras Ditinjau dari Gaya Belajar
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, serta kesulitan belajar siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ahuhu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Terdapat 28 siswa kelas VIIIB yang menjadi subjek penelitian. Kemudian, dengan menggunakan taknik sampel purposive dipilih 3 siswa untuk berpartisipasi dalam wawancara mendalam mengenai kesulitan belajar. Siswa tersebut terdiri dari 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Hasil riset dikumpulkan dari angket gaya belajar siswa, kesulitan belajar matematika, dan wawancara langsung pada setiap kesulitan belajar yang dialami siswa. Dalam penelitian ini, pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan merupakan pendekatan analisis data yang digunakan. Hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat 12 siswa dengan tipe belajar visual, 3 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 13 siswa dengan gaya belajar kinestetik di kelas VIIIB MTs Darul Ulum Ahuhu. Kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa dengan gaya bealajar visual adalah kesulitan pada aspek kelemahan menghitung, kesulitan pada bagian transfer informasi, dan kesulitan dalam aspek kesalahan persepsi visual. Kesulitan yang dihadapi oleh siswa dengan gaya belajar auditori yakni kelemahan dalam berhitung. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik yakni kelemahan menghitung, masalah persepsi visual, dan kesulitan mentransfer informasi.
Downloads
References
Apipah, S., & Kartono, K. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran VAK dengan Self Assesment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 148-156.
Cahyono, A. E. Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem-Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Inisiatif Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1-11.
Abi, A. M, dkk. (2020). Analisis Gaya Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Oebaki. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 18-24.
Ernawati, E., Hadaming, H., Ramdani, R., & Ardhillah, A. (2019). Profil Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Delta-Pi. Journal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2).
Hidayati, Vivi Rachmatul, dkk. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah PISA Konten Shape and Space. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 195-204.
Khusna, d. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 77-94.
Lestari, dkk. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan.
Novitasari, I., & Sihombing, Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik Dan Faktor Penyebabnya Dalam Memeahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), I7(1), 44-53.
Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP Kelas VII. Journal On Education, 1(2), 323-334.
Oktari, E. Z., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2019). Analisi Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa MI Hijriyah II Palembang. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 41-50.
Salsabila, H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.
Suyadi. (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah , M. (2013). Psikologi Belajar. Bandung: Rajawali Pres.
Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67-76.
Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 165-190.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)