Main Article Content
Abstract
Pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan keinginan yang baru, membangkitkan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Pengguna media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran dan akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan serta isi pelajaran pada proses belajar mengajar berlangsung. Untuk itu para guru dituntut untuk dapat menyediakan media pembelajaran yang cocok dengan materi pembelajaran pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Upaya apa saja yang dilakukan guru SMA Negeri 1 Manyak Payed dalam menyediakan media pembeljaran matematika”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang dilakukan guru SMA Negeri 1 Manyak Payed dalam menyediakan media pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek yang diteliti adalah guru bidang studi matematika SMA Negeri 1 Manyak Payed yang terdiri dari 5 orang guru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah identifikasi upaya guru dalam menyediakan media pembelajaran matematika. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasrakan wawancara dan observasi yang telah peneliti lakukan diperoleh hasil bahwa guru-guru matematika SMA Negeri 1 Manyak Payed telah berupaya semaksimal mungkin dalam pengadaan media pembelajaran matematika dalam proses kegiatan belajar mengajar, seperti memanfaatkan barang sekitar dan lingkungan sekitar, membeli media pembelajaran jika memungkinkan, menciptakan sendiri media pembelajaran, melakukan pencarian melalui internet sampai dengan berkonsultasi dengan teman sejawat (guru-guru matematika) mengenai media pembelajaran apa yang cocok pada materi tertentu.
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)