Pemanfaatan Media Pembelajaran Daily Vlog Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Sekolah Menengah Pertama

  • Imron Fauzi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Muchammad Nur Khothib UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Keywords: daily vlog media, learning creativity, junior high school

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat, oleh karena itu, dalam dunia pendidikan, harus mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang telah berkembang. Media daily vlog ini merupakan salah satu solusi untuk menghadapi kemajuan teknologi dan informasi saat ini. Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana desain, pemanfaatan, dan faktor-faktor yang memengaruhi media daily vlog. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan desain, pemanfaatan, dan faktor-faktor yang memengaruhi media daily vlog. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, presentasi data, dan kesimpulan. Triangulasi data digunakan untuk meningkatkan kepercayaan data melalui sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian ini: (1) desain yang digunakan oleh guru PAI di SMPN 02 Jatiroto tidak meninggalkan 3 elemen yaitu: cognitive load, student engagement, dan active learning together; (2) Pemanfaatan media vlog tidak terlepas dari perencanaan, implementasi, dan evaluasi untuk meningkatkan kreativitas siswa; (3) Faktor-faktor yang memengaruhi media vlog adalah guru, siswa, fasilitas dan infrastruktur, jaringan internet, komputer, dan ponsel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acep Saepul Rahmat, (2017), “Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggiâ€, Indonesian journal of primary Edocation, vol. 1 no. 1, 27-33, doi: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7494

Arief Rahman, Zulkifli, Juanda, (2020), “Ruang Lingkup Inovasi Pendidikan Karakter di Sekolahâ€, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 4, No. 2, doi: 10.31571/pkn.v4i2.2146

Chen, S.-C., Hsiao, H.-C., Chang, J.-C., Shen, C.-H., & Chou, C.-M. (2010). “School Organizational Innovative Indicators For Technical Universities And Institutesâ€. Contemporary Issues in Education Research (CIER), vol. 3 no. 7, 43–50, doi: https://doi.org/10.19030/cier.v3i7.220

Cynthia J. Brame, (2016), “Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content†Life Sciences Education, Vol. 15, No. 4, https://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125

Desrinelti, Maghfirah Afifah, & Nurhizrah Gistituati, (2021), “Kebijakan Publik: Konsep Pelaksanaan†JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, Vol.6, No.1, doi: https://doi.org/10.29210/3003906000

Diyan Yusri, Ahmad Zaki, (2020), “Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susuâ€, Al Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 7, no 2, doi: https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618

Edi Ismanto, Melly Novalia, Pratama Benny Herlandy, (2017), “Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelejaran Bagi Guru SMA Negeri Kota Pekanbaruâ€, Jurnal Untuk Mu negeRI, Vol 01, No. 01, doi: https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.33

Eka Dian Susanti, (2019), “Project Based Learning: Pemanfaatan Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Generasi Pro Gadgetâ€. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, vol. 13, no. 1, doi: http://dx.doi.org/10.17977/um020v13i12019p84

Eki Firmansyah, (2019), “Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikanâ€, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol 2, No.1, web: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5736

Hermawan, (2018), Media Pembelajaran SD, Bandung: Pustaka Setia

I Made Sugi Widyantara dan I Wayan Rasna, (2020), “Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemic Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, vol. 9, no.2, 113-122, web: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531

Ida Ayu Made Darmawati, Iswahyudin Prasetyo, & Nyoman Yasa, (2021), “Pemanfaatan Vlog Untuk Memproduksi Teks Eksplanasi Dalam Pembelajaran Berbasis Teks K13â€, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 11 no. 1, doi: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.30089

Kusnandi, (2017), “Model Inovasi Pendidikan Dengan Strategi Implementasi konsep “Dare To be Differentâ€, Jurnal Wahana Pendidikan, Vol 4, No 1 , 13, doi: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i1.391

M.Ghofar Rohman & Purnomo Hadi Susilo, (2019), “Peran Guru Dalam penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi†REFORMA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 8, No 1, doi: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Makmur, Agus. (2015), "Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan." EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 01, doi: 10.30596/edutech.v1i01.264.

Markus Oci, (2016), “Kreativitas Belajarâ€, SANCTUM DOMINE: Jurnal Teologi, vol. 4 no. 2, doi: https://doi.org/10.46495/sdjt.v4i2.26

Muhammad Kristiawan, et.al, (2018), Inovasi Pendidikan dan Modernisasi. Ponorogo: Wade Group

Narsamsu dan Teuku Kusnafizal, (2017), “Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa SMP di SMP Negeri Aceh Tamlang†Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, no.2: 165. doi: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691

Nurudin Ibrahim, (2009), “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap hasil Belajar†Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 15, No. 1, 109

Samsinar S, (2019), “Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaranâ€, DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, vol. 13, No.2, 195-196, doi: 10.30863/didaktika.v13i2.959

Septi Dwi Putri & Desy Eka Citra, 2019, “Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPSâ€, Jurnal IJSSE, Vol. 1, No. 1, 52, web: https://media.neliti.com/media/publications/271186-problematika-guru-dalam-menggunakan-medi-0dc3c92c.pdf

Sugiyono, (2019), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. (2018), “Desain Video Pembelajaran yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi di Universitas Terbukaâ€. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 3, no. 2, https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929

Titi Kadi & Robiatul Awwaliyah, (2017), “Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Pronlematika Pendidikan di Indonesia, Jurnal Islam Nusantara, vol. 01, no.02, doi: https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32

Utami Munadar, (2008), Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak di Sekolah, Jakarta: Grafindo

Wahyudi Nur Nasution, (2017), “Perencanaan Pembelajaran, Pengertian, Tujuan, dan Prosedurâ€, ITTIHAD: Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 2, web: http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/23

Widyastono, H. (2007). “Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaranâ€. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 13, no. 69, doi: https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i69.349

Yenni Fitria dan Juwita, (2018), “Utilization of Video Blogs (Vlog) in Character Learning in Early Choldhoodâ€, Jurnal Obsesi, Vol.2, No.2, doi: 10.31004/obsesi.v2i2.87

Published
2024-07-12
How to Cite
Fauzi, I., & Khothib, M. N. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daily Vlog Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 73-90. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v11i1.8051