Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat, oleh karena itu, dalam dunia pendidikan, harus mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang telah berkembang. Media daily vlog ini merupakan salah satu solusi untuk menghadapi kemajuan teknologi dan informasi saat ini. Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana desain, pemanfaatan, dan faktor-faktor yang memengaruhi media daily vlog. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan desain, pemanfaatan, dan faktor-faktor yang memengaruhi media daily vlog. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, presentasi data, dan kesimpulan. Triangulasi data digunakan untuk meningkatkan kepercayaan data melalui sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian ini: (1) desain yang digunakan oleh guru PAI di SMPN 02 Jatiroto tidak meninggalkan 3 elemen yaitu: cognitive load, student engagement, dan active learning together; (2) Pemanfaatan media vlog tidak terlepas dari perencanaan, implementasi, dan evaluasi untuk meningkatkan kreativitas siswa; (3) Faktor-faktor yang memengaruhi media vlog adalah guru, siswa, fasilitas dan infrastruktur, jaringan internet, komputer, dan ponsel.

Keywords

daily vlog media learning creativity junior high school

Article Details

How to Cite
Fauzi, I., & Khothib, M. N. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daily Vlog Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 73-90. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v11i1.8051

References

  1. Acep Saepul Rahmat, (2017), “Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi”, Indonesian journal of primary Edocation, vol. 1 no. 1, 27-33, doi: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7494
  2. Arief Rahman, Zulkifli, Juanda, (2020), “Ruang Lingkup Inovasi Pendidikan Karakter di Sekolah”, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 4, No. 2, doi: 10.31571/pkn.v4i2.2146
  3. Chen, S.-C., Hsiao, H.-C., Chang, J.-C., Shen, C.-H., & Chou, C.-M. (2010). “School Organizational Innovative Indicators For Technical Universities And Institutes”. Contemporary Issues in Education Research (CIER), vol. 3 no. 7, 43–50, doi: https://doi.org/10.19030/cier.v3i7.220
  4. Cynthia J. Brame, (2016), “Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content” Life Sciences Education, Vol. 15, No. 4, https://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125
  5. Desrinelti, Maghfirah Afifah, & Nurhizrah Gistituati, (2021), “Kebijakan Publik: Konsep Pelaksanaan” JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, Vol.6, No.1, doi: https://doi.org/10.29210/3003906000
  6. Diyan Yusri, Ahmad Zaki, (2020), “Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu”, Al Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 7, no 2, doi: https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618
  7. Edi Ismanto, Melly Novalia, Pratama Benny Herlandy, (2017), “Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelejaran Bagi Guru SMA Negeri Kota Pekanbaru”, Jurnal Untuk Mu negeRI, Vol 01, No. 01, doi: https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.33
  8. Eka Dian Susanti, (2019), “Project Based Learning: Pemanfaatan Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Generasi Pro Gadget”. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, vol. 13, no. 1, doi: http://dx.doi.org/10.17977/um020v13i12019p84
  9. Eki Firmansyah, (2019), “Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikan”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol 2, No.1, web: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5736
  10. Hermawan, (2018), Media Pembelajaran SD, Bandung: Pustaka Setia
  11. I Made Sugi Widyantara dan I Wayan Rasna, (2020), “Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemic Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, vol. 9, no.2, 113-122, web: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531
  12. Ida Ayu Made Darmawati, Iswahyudin Prasetyo, & Nyoman Yasa, (2021), “Pemanfaatan Vlog Untuk Memproduksi Teks Eksplanasi Dalam Pembelajaran Berbasis Teks K13”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 11 no. 1, doi: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.30089
  13. Kusnandi, (2017), “Model Inovasi Pendidikan Dengan Strategi Implementasi konsep “Dare To be Different”, Jurnal Wahana Pendidikan, Vol 4, No 1 , 13, doi: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i1.391
  14. M.Ghofar Rohman & Purnomo Hadi Susilo, (2019), “Peran Guru Dalam penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi” REFORMA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 8, No 1, doi: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
  15. Makmur, Agus. (2015), "Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan." EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 01, doi: 10.30596/edutech.v1i01.264.
  16. Markus Oci, (2016), “Kreativitas Belajar”, SANCTUM DOMINE: Jurnal Teologi, vol. 4 no. 2, doi: https://doi.org/10.46495/sdjt.v4i2.26
  17. Muhammad Kristiawan, et.al, (2018), Inovasi Pendidikan dan Modernisasi. Ponorogo: Wade Group
  18. Narsamsu dan Teuku Kusnafizal, (2017), “Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa SMP di SMP Negeri Aceh Tamlang” Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, no.2: 165. doi: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691
  19. Nurudin Ibrahim, (2009), “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap hasil Belajar” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 15, No. 1, 109
  20. Samsinar S, (2019), “Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”, DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, vol. 13, No.2, 195-196, doi: 10.30863/didaktika.v13i2.959
  21. Septi Dwi Putri & Desy Eka Citra, 2019, “Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS”, Jurnal IJSSE, Vol. 1, No. 1, 52, web: https://media.neliti.com/media/publications/271186-problematika-guru-dalam-menggunakan-medi-0dc3c92c.pdf
  22. Sugiyono, (2019), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
  23. Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. (2018), “Desain Video Pembelajaran yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi di Universitas Terbuka”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 3, no. 2, https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929
  24. Titi Kadi & Robiatul Awwaliyah, (2017), “Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Pronlematika Pendidikan di Indonesia, Jurnal Islam Nusantara, vol. 01, no.02, doi: https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
  25. Utami Munadar, (2008), Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak di Sekolah, Jakarta: Grafindo
  26. Wahyudi Nur Nasution, (2017), “Perencanaan Pembelajaran, Pengertian, Tujuan, dan Prosedur”, ITTIHAD: Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 2, web: http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/23
  27. Widyastono, H. (2007). “Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 13, no. 69, doi: https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i69.349
  28. Yenni Fitria dan Juwita, (2018), “Utilization of Video Blogs (Vlog) in Character Learning in Early Choldhood”, Jurnal Obsesi, Vol.2, No.2, doi: 10.31004/obsesi.v2i2.87