Main Article Content

Abstract

Penggunaan Gambar Gerak adalah cara dalam membangun bentuk dasar jiwa dalam proses belajar mengajar, dimana kemungkinan siswa dapat mengidentifikasi pengenalan diri dengan sisi konkret dan nyata dalam memaknai bahasa dan makna kata dengan pelafasan dan pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam maharah qiraah serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar gerak untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah qiraahdi MTs Terpadu Langsa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalahPre-Experimental Designs. Peneliti melakukan penelitian ini didalam satu kelas yang disebut dengan “One Group Pree-Test Post-Test Design”. Sistem Analisis Data  adalah wawancaradan Tes, kemudian untuk hasil pre-test dan post-test peneliti menggunakan “SPSS 16” dengan analisis Simple Independent Test. Dan populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas 2 di Mts Terpadu Langsa dan jumlah mereka 171 Siswa, dan Sampelnya adalah Kelas2(2) dan jumlah mereka adalah 35 Siswa.Cara Pengambilan Sampel menggunakan Purposive Sample.Setelah peneliti menganalisis data maka peneliti menemukan hasil penelitian yaitu: Penggunaan media gambar gerakyang dapat mengutamakan aktivitas komunitas dan membaca siswa dengan memperhatikan gambar yang sesuai dengan teks cerita, sehingga dengan demikian secara langsung atau tidak langsung siswa akan memunculkan potensi yang ada pada diri mereka masing-masing. Dan pengaruh penggunaan media gambar gerak efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada maharah qiraah, hal ini bisa dilihat dari jumlah rata-rata nilai Post-Test adalah 81,86, Peneliti percaya bahwa hasil tes (Z-Test) (-9.200) dan signifikansi (sig) memperoleh hasil (.000) yang artinya lebih kecil dari nilai ketentuan (0.000) < (0.05).

Keywords

media gambar gerak maharah qiraah

Article Details