Main Article Content

Abstract

Kesalahan dalam belajar matematika masih sering terjadi saat proses pembelajaran. Salah satu kesalahan dalam matematika adalah kesalahan dalam proses menyelesaikan soal. Kesalahan dengan bentuk soal pemecahan masalah adalah salah satu kesalahan yang banyak dilakukan peserta didik. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan materi matriks berdasarkan kategori Watson. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan peserta didik saat menjawab soal matriks berdasarkan kategori Watson yaitu kesalahan (1) data yang dimasukkan tidak tepat, peserta didik salah dalam memasukkan nilai yang belum diketahui ke dalam tabel. Persentase kesalahan ini sebesar 9,67 %, (2) data yang hilang, peserta didik kurang teliti dalam membuat jawaban sehingga ada data yang terlupakan. Persentase kesalahan ini sebesar 6,45 %, (3) prosedur yang tidak tepat, peserta didik salah dalam mengartikan maksud soal ataupun salah dalam menggunakan rumus. Persentase kesalahan ini sebesar 22,58 %, (4) manipulasi tidak langsung, peserta didik salah dalam proses merubah dari satu tahap ke tahap lainnya dan adanya kesalahan yang tidak logis seperti seharusnya membagi tapi yang dilakukan mengali. Persentase kesalahan ini sebesar 16,13 %, (5) masalah hirarki keterampilan, peserta didik salah dalam proses perhitungan dan salah dalam mengubah bentuk rumus dasar menjadi rumus yang diminta soal. Persentase kesalahan ini sebesar 12, 90 %, (6) kesimpulan hilang, peserta didik tidak menyelesaikan sampai tahap akhir dari apa yang diminta soal. Persentase kesalahan ini sebesar 9,67 %, (7) kategori lain, peserta didik hanya menyalin soal, tidak merespon terhadap soal yang diberikan. Persentase kesalahan ini sebesar 6,45 %.

Keywords

Kesalahan, Pemecahan Masalah, Kategori Watson

Article Details

How to Cite
Fajriani, S., & Permana, D. (2021). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN KATEGORI WATSON . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(2), 117-127. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i2.3118

References

  1. Hariyani, S., Aisyah, F. N. K., & Dinullah, R. N. I. (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1). https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.11-22
  2. Hariyani, S., Ningsih, N., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kategori Watson. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.30738/union.v7i2.3715
  3. Hartono, H. (2020). Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 2(2), 68–70.
  4. Mareta, A., Sa’dijah, C., & Chandra, T. D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Matriks. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.595
  5. Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
  6. Rosita, A., & Novtiar, C. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN MENURUT WATSON. … (Jurnal Pembelajaran Matematika ….
  7. Sari, S. J., & Yuwono, T. (2020). Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Tadris Matematika, 3(2). https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.219-228
  8. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9).
  9. Suharsimi;, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Suherman, E. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 133.